Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Membasmi Kutu Rambut Dan Telurnya Secara Ampuh Permanen

Siapa pun pasti tak akan mau jika rambutnya dihinggapi kutu rambut, tapi terkadang hal tersebut datang tanpa disangka. Kutu rambut merupakan serangga kecil penghisap darah yang seringkali ditemukan pada manusia dan hewan. Namun kutu manusia dan hewan memiliki spesies yang berbeda.

Kutu sebetulnya tidak menular tetapi bisa berpindah tempat. Karena hal tersebut, bisa membuat orang lain juga terkena kutu rambut jika berdekatan dengan orang yang memiliki kutu rambut. Penyebaran kutu sendiri bisa melalui kontak langsung dengan barang-barang pribadi, seperti sisir, handuk, dan juga topi. Kutu sangat mengganggu, karena dapat menyebabkan infeksi pada kulit kepala dan juga terlihat kotor sehingga menurunkan percaya diri.

Cara Membasmi Kutu Rambut pada Dewasa dan Anak-anak

Membasmi kutu rambut bukan hal yang sulit tetapi juga bukan hal yang mudah, setidaknya perlu perhatian khusus agar kutu rambut benar-benar hilang dan tak kembali lagi. Ingin tahu bagaimana cara membasmi kutu rambut secara efektif dan ampuh? Simak ulasan berikut ini selengkapnya.

1 . Mayones

Mayones yang merupakan bahan makanan yang cukup efektif mengusir kutu yang bersarang di rambut. Kandungan minyaknya memiliki sifat viskositas atau kekentalan yang dapat membuat kutu rambut mati lemas. Sehingga sangat baik untuk menggunakannya membasmi kutu rambut. Berikut cara membasmi kutu rambut dengan mayones, di antaranya.

  • Ambil mayones secukupnya, lalu oleskan langsung di kulit kepala dan diamkan sambil ditutup dengan handuk atau shower cap selama setidaknya 8 jam, kalau perlu semalaman.
  • Lalu bersihkan rambut dengan sampo, kemudian sisir dengan sisir serit agar kutu rambut yang masih tertinggal ikut hilang.
  • Ulangi setiap hari selama seminggu hingga kutu rambut benar-benar hilang dari rambut.

2. Cuka Sari Apel

Bahan alami selanjutnya yang juga tak kalah efektif untuk membasmi kutu rambut ialah cuka sari apel. Bau dan rasa asam pada cuka sari apel yang menyengat akan membuat kutu rambut tak nyaman dan akhirnya lemas tak berdaya. Lagi pula cuka sari apel juga bagus untuk rambut dan mengurangi infeksi bakteri akibat gigitan kutu rambut. Berikut cara membasmi kutu rambut dengan cuka sari apel.

  • Campurkan cuka sari apel dan air dengan takaran yang sama lalu masukan ke dalam botol semprot. Anda juga bisa menambahkan 2 hingga 3 tetes minyak lavender ke dalam campuran tersebut.
  • Semprotkan ke rambut Anda, hati-hati agar tak mengenai mata. Lalu tutup kepala Anda dengan shower cap dan biarkan semalaman. Kemudian bilas keesokan harinya, Anda bisa melakukan hal ini setiap hari agar hasilnya lebih maksimal.

3. Obat Kumur

Jika biasanya obat kumur atau mouth wash hanya digunakan untuk mencuci mulut saja, kini Anda dapat menggunakannya untuk membasmi kutu di rambut yang membandel. Ini karena kandungan anti septik di dalamnya sehingga mampu membuat kutu mati lemas tak berdaya. Sehingga menghilangkan kutu dari rambut menjadi lebih mudah. Berikut cara membasmi kutu rambut dengan bantuan obat kumur.

  • Ambil satu botol obat kumur dan tuangkan ke dalam botol semprot. Tambahkan sedikit air, kocok hingga tercampur rata.
  • Lalu semprotkan cairan tersebut ke rambut hingga rata dan basah.
  • Kemudian tutup rambut menggunakan shower cap atau handuk, dan diamkan hingga 2 jam.
  • Lalu bersihkan rambut dengan sampo, supaya sisa-sisa obat kumur tidak menempel di rambut. Lakukan lagi seminggu 3 sampai 4 kali supaya hasilnya terlihat.

4 Minyak wijen

Minyak wijen biasanya digunakan untuk memasak, tapi kali ini untuk membasmi kutu di rambut. Ini karena di dalamnya terdapat kandungan anti bakteri dan anti jamur serta memiliki sifat insektisida yang luar biasa. Sehingga dapat membasmi kutu rambut secara alami. Berikut cara membasmi kutu rambut dengan menggunakan minyak wijen.

  • Campurkan dua sdm minyak wijen, satu sdt minyak nimba, 1 sdt tea tree oil, 1 sdt kayu putih, 1 sdt rosemary oil, dan 10 tetes minyak lavender. Aduk rata hingga tercampur sempurna.
  • Oleskan minyak tersebut pada rambut hingga basah merata karena minyak, lalu diamkan dan tutup dengan shower cap maupun handuk. Biarkan sampai mengering atau semalaman.
  • Pagi harinya, sisirlah rambut Anda dari pangkal hingga ujung rambut untuk menghilangkan kutu yang mati lemas.
  • Kemudian bersihkan rambut dengan sampo seperti biasanya. Anda dapat mengulanginya setiap hari agar kutu rambut cepat hilang.

5. Bawang putih

Jangan salah, meski bawang putih kadang dapat menyebabkan bau mulut tetapi ternyata juga mampu menghalau kutu dari rambut. Ini karena aroma khas yang dihasilkan bawang putih yang menyengat sangat tidak disukai kutu karena membuatnya tak berdaya dan akhirnya mati. Berikut cara menggunakannya.

  • Ambil dan kupas 8 atau 10 siung bawang putih lalu tumbuk hingga halus. Kemudian tambahkan air jeruk nipis sebanyak 2 atau 3 sdt, atau bisa juga diganti dengan minyak kelapa murni.
  • Lalu balurkan ke kulit kepala dan rambut secara merata, kemudian tutup dengan handuk selama 30 menit.
  • Baru kemudian bersihkan dengan air hangat, lakukan dengan rutin minimal 3 kali seminggu agar kutu tak kembali lagi.

6. Minyak Zaitun

green olives and oil

Terkenal karena manfaatnya yang begitu menakjubkan, minyak yang satu ini nyatanya tak sekedar untuk merawat kecantikan dan kesehatan. Tetapi juga mampu membasi kutu yang bersarang di rambut. Sekaligus merawat rambut agar tetap halus dan berkilau. Berikut cara memanfaatkan minyak zaitun untuk membasmi kutu rambut.

Usapkan minyak zaitun ke seluruh kulit kepala sesaat sebelum beranjak tidur. Lalu tutupi dengan menggunakan handuk dan biarkan semalaman. Keesokan paginya sebelum dibersihkan, sisirlah rambut dengan sisir serit yang tipis agar kutu yang mati lemas ikut terbawa dan rambut pun jadi bersih. Baru kemudian keramas dengan sampo agar rambut bersih dan tak lagi jadi sarang kutu. Lakukan dengan rutin dan konsisten.

7. Baby Oil

Cara selanjutnya yang juga sangat efektif untuk membasmi kutu secara alami ialah dengan memanfaatkan baby oil. Minyak khusus untuk bayi ini ternyata mampu membuat kutu tak berkutik dan akhirnya mati. Ini karena sifat minyak baby oil yang licin membuat kutu tak bisa bergerak leluasa dan juga rasanya tak disukai kutu. Berikut cara memanfaatkannya.

  • Oleskan baby oil secara merata pada rambut, lalu ambil sisir serit yang tipis dan gunakan untuk menyisir rambut.
  • Sisir perlahan hingga kutu di rambut menempel di sisir, lakukan di seluruh bagian rambut secara menyeluruh.
  • Jika sudah, Anda dapat membilasnya menggunakan cairan pencuci piring dan air hangat.
  • Kemudian bilas lagi dengan sampo agar sisa-sisa sabun hilang dari rambut. Gunakan setiap hari hingga kutu benar-benar hilang.

8. Tea tree oil

Minyak esensial dari pohon teh ini memiliki sifat insektisida yang sangat ampuh membasmi kutu di rambut. Sebelum menggunakannya encerkan terlebih dahulu dengan menambahkan air. Berikut cara menggunakan tea tree oil untuk membasmi kutu rambut.

  • Campurkan 1 sdt tea tree oil dan 1 sachet sampo biasa dan 3 sdm minyak zaitun. Aduk merata. Kemudian oleskan ke rambut dan kulit kepala secara merata.
  • Tutup rambut menggunakan shower cap yang sudah disiapkan sebelumnya selama kurang lebih 30 menit.
  • Baru kemudian bilas rambut hingga bersih dengan menggunakan air hangat.
  • Setelahnya sisir rambut dengan sisir serit supaya kutu yang mati bisa hilang dari rambut.
  • Jika ingin lebih maksimal lakukan secara rutin setiap hari sampai kutu benar-benar hilang dari rambut.

9. Alkohol

Bukan alkohol dalam bentuk minuman, tetapi alkohol yang sering digunakan untuk membersihkan luka. Alkohol tersebut memiliki kandungan senyawa isopropil yang sangat ampuh membasmi kutu di rambut. Biasanya alkohol jenis ini mengandung alkohol absolut 70%. Berikut cara menggunakannya.

  • Tuangkan alkohol ke dalam gelas atau mangkuk secukupnya saja. Lalu ambil sedikit demi sedikit menggunakan jari-jari dan oleskan merata di rambut.
  • Biarkan selama 30 menit, sebelum membilasnya dengan air sisir rambut dengan serit atau sisir khusus dulu agar kutu berjatuhan.
  • Baru kemudian bilas menggunakan sampo sampai benar-benar bersih.

Jika di kepala terdapat luka, mungkin akan terasa sedikit perih saat menggunakan alkohol. Karenanya gunakan secukupnya saja, dan jangan terlalu sering sebab bisa menyebabkan iritasi.

10. Jeruk Nipis dan Minyak Kayu Putih

Jeruk nipis mengandung asam citrus yang efektif membasmi kutu yang merayap di rambut. Apalagi jika dipadukan dengan minyak kayu putih, kedua bahan ini akan semakin ampuh mengusir kutu yang mengganggu. Berikut cara mengatasi kutu rambut dengan jeruk nipis dan kayu putih, di antaranya.

  • Siapkan 2 buah jeruk nipis, belah dan ambil airnya. Lalu tambahkan 6 – 7 sdm minyak kayu putih. Aduk -aduk hingga merata.
  • Kemudian oleskan campuran minyak tersebut ke kulit kepala dan rambut secara menyeluruh. Sambil dipijat-pijat lembut supaya campuran tersebut meresap sempurna.
  • Tutup dengan shower cap lalu diamkan selama kurang lebih 2 jam, baru kemudian keramas hingga bersih dengan air hangat. Ulangi lagi hingga kutu hilang semuanya dari rambut.

Demikian 10 cara membasmi kutu rambut pada orang dewasa dan anak-anak dengan bahan alami. Kutu memang sangat mengganggu jadi jangan biarkan kutu rambut hinggap di kepala dengan selalu merawatnya. Dan yang terpenting tidak berbagai barang- barang pribadi dengan orang lain. Semoga bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.