Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Membuat Masker Putih Telur Untuk Berbagai Macam Masalah Kecantikan

Merawat kecantikan kulit dengan menggunakan putih telur ternyata sudah ada sejak zaman peradaban kuno. Putih telur yang telah dikenal memiliki kandungan protrin dan albumin ini terkenal dan sudah akrab digunakan oleh para wanita Mesir dan Cina. Di Indonesia pun masker dengan menggunakan putih telur tak kalah populer dari masker bengkoang.

Cara Membuat Masker Putih Telur Dengan Mudah

Nah, untuk membuat membuat masker putih yang lebih dahsyat lagi hasilnya, anda perlu mencampurnya dengan bahan-bahan yang juga berkhasiat bagi kecantikan. Berikut inilah cara membuat masker putih telur sesuai kebutuhan anda.

1. Untuk mengecilkan pori-pori kulit

Memiliki pori-pori kulit yang besar di samping mengganggu penampilan juga bisa memicu munculnya komedo sehingga kulit tampak kotor karena tertutup bintik-bintik kecil. Nah, untuk mengatasi semua itu masker dari putih kulit dapat mengencangkan wajah sekaligus meringkas pori-pori kulit. Caranya, campurkan 1 sdt putih telur dengan air perasan lemon. Kemudian aduk rata dan langsung aplikasikan pada wajah. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu untuk hasil yang baik.

2. Menyamarkan keriput

Masker putih telur memang sudah langsung dapat dirasakan efeknya ketika telah mengering di wajah. Kulit wajah akan terasa kencang dan seperti tertarik. Menggunakan masker putih telur ini berfungsi untuk menyamarkan kerutan dan mencegah garis-garis halus di kulit. Caranya, oleskan saja putih telur pada wajah lalu tunggu hingga kering. Setelah itu bilas dengan air.

3. Untuk kulit berminyak

Bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak, melakukan perawatan wajah menggunakan masker putih telur bisa membantu mengontrol minyak. Terlebih dulu bersihkan wajah menggunakan air hangat sebelum menggunakan masker. Kemudian oleskan tipis-tipis masker putih telur pada wajah. Tunggu sampai kering, setelah itu bilas menggunakan air dingin.

4. Masker putih telur untuk kulit kepala

Ternyata masker putih telur tak hanya bagus digunakan untuk kulit wajah saja. Tapi, bisa juga lho dipakai sebagai masker pada kulit kepala. Pemakaian putih telur sebagai masker rambut ini diklaim dapat semakain menguatkan folikel sehingga tak mudah rontok dan rapuh. Cara membuatnya, campurkan 1 putih telur dengan 1 sdm madu dan 5 tetes minyak lavender. Oleskan pada kulit kepala dan rambut. Tunggu sekitar 10 menit. Kemudin bersihkan dengan shampoo dan bilas dengan air bersih.

5. Masker untuk menghilangkan bekas jerawat

Setelah jerawat hilang, anda mungkin masih belum tenang karena bekasnya masih terlihat jelas di wajah. Untuk menghilangkan bekas jerawat memang gampang-gampang susah ya. Tapi, jangan khawatir karena anda dapat mencoba menggunakan masker telur untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Caranya, oleskan putih telur pada wajah dan tunggu hingga kering. Setelah bilas dengan air bersih. Gunakan masker ini secara rutin ya.

6. Mengurangi bengkak di bawah mata

Bagi yang sering begadang, pasti tak asing lagi dengan bengkak di bawah mata atau pun yang sering disebut dengan lingkaran hitam dan mata panda. Untuk mengembalikannya, anda bisa menggunakan masker putih telur hanya pada area bawah mata saja. Tunggu beberapa saat, lalu bilas dengan air. Terakhir oleskan minyak kelapa untuk mengembalikan kelembaban alaminya.

7. Untuk melembutkan kulit

Paduan antara putih telur, air lemon, dan lidah buaya sangat baik untuk kecantikan kulit. Ketiga bahan tersebut akan memberikan efek lembut di kulit. Bagi anda yang ingin mencobanya, caranya siapkan 1 butir telur dan ambil bagian putihnya, kemudian tambahkan dengan air perasan lemon dan 2 sdm gel lidah buaya. Setelah tercampur rata, oleskan masker tersebut pada wajah. Tunggu sampai mengering, lalu bilas dengan air bersih.

8. Mengatasi alergi

Paduan antara putih telur dan yoghurt tawar dapat berguna untuk mengatasi alergi pada kulit. Caranya,campurkan putih telur dengan 1 sdm yoghurt tawar. Oleskan pada wajah dan tunggu sekitar 15 menit. Kemudian bilas dengan air.

9. Mengurangi jerawat

Untuk mengurangi jerawat yang muncul di wajah, anda bisa melakukan perawatan menggunakan masker putih telur dan mentimun. Caranya siapkan putih telur dan campurkan mentimun, kemudian blender sampai halus dan membentuk pasta. Oleskan pada wajah dan tunggu sampai 15 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat.

10. Masker putih telur untuk kulit berminyak dan berjerawat

Memiliki jenis kulit yang mudah sekali memproduksi minyak berlebih di setiap kesempatan memang perlu ekstra perhatian. Minyak yang berlebih dan terpapar oleh debu dan kotoran yang menempel di wajah dapat mengundang jerawat tumbuh subur. Nah, jika ada memiliki masalah kulit berminyak dan berjerawat, coba deh gunakan masker putih telur dan minyak lavender. Caranya, siapkan putih telur lalu tambahkan dengan beberapa tetes minyak lavender. Aduk sampai rata, lalu oleskan pada wajah. Tunggu sampai beberapa saat kemudian bilas denga air bersih.

Demikianlah cara membuat masker putih telur yang praktis dan mudah. Untuk merawat diri, tidak harus mahal dan ribet kan? Anda pun bisa mencobanya di rumah.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.