Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Secara Efektif dan Cepat Tanpa Obat

Maag atau kondisi asam lambung yang naik mungkin seringkali diderita banyak orang. Penyakit ini disebabkan karena meningkatkan produksi asam lambung yang berlebihan sehingga menimbulkan rasa perih dan sakit di bagian lambung. Salah satu penyebabnya seirngkali dakibatkan pola makan yang kurang teratur. Biasanya penderita bisa mengalami sakit yang luar biasa karena kondisi asam lambung yang bisa naik hingga ke bagian kerongkongan.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Dengan Mudah

Untuk mengobati asam lambung yang naik sebenarnya dapat dicoba dengan mengkonsumsi obat-obatan yang khusus untuk penyakit maag dan sejenisnya. Namun akan lebih baik jika anda menggunakan obat-obatan alami. Mengkonsumsi obat-obatan kimia dikhawatirkan dapat memberikan efek kecanduan kedepannya. Sehingga akan lebih aman jika menggunakan bahan-bahan alami. Nah berikut ini ada beberapa cara mengatasi asam lambung naik secara alami.

1. Minum Susu Rendah Lemak

Saat asam lambung meningkat namun tdak terlalu tinggi, maka cobalah untuk mengkonsumsi susu rendah lemak. Salah satu kandungan dalam obat maag biasanya terdapat mineral dan kalsium yang juga dapat anda temukan dalam susu. Pilihlah susu dengan kandungan lemak yang rendah karena dikhawatirkan lemak yang tinggi dapat memperburuk asam lambung. Minum susu rendah lemak ini secara rutin hingga kondisi lambung sudah mulai membaik.

2. Teh Chamomile

Teh chamomile sangat dianjurkan bagi orang yang menderita gangguan asam lambung. Kandungan yang ada di dalam teh ini bisa membantu menurunkan asam lambung dan membuat kerja lambung normal kembali. Selain itu teh chamomile juga dapat membuang gas yang ada di dalam perut diakibatkan asam yang terlalu tinggi.

Untuk membuat teh chamomile ini, andaa bisa menyeduh teh dengan menggunakan air mendidih yang matang. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga dingin dan setelah itu baru bisa anda minum. Jangan mengkonsumsi selagi panas, karena bisa menyebabkan asam lambung malah meningkat.

3. Buah Pisang

Buah pisang selain untuk mengatasi kolesterol tinggi, juga bisa untuk menurunkan asam lambung. Diyakini jika buah pisang menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang menderita asam lambung yang tinggi. Kandungan antasida di dalam buah pisang mampu menurunkan produksi HCl yang berlebihan. Anda bisa mengkonsumsi pisang secara langsung ketika merasakan asam lambung sedang meningkat. Namun hentikan cara ini jika dirasa malah semakin memperparah kondisi asam lambung anda.

4. Jahe

Rempah-rempah yang satu ini tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan memasak saja, namun juga dapat anda gunakan sebagai obat herbal  salah satunya mengatasi asam lambung yang meningkat. Dengan mengkonsumsi jahe sebagai obat herbal akan menetralisir asam lambung sehingga tidak naik. Anda bisa mengkonsumsi nya dalam bentuk teh jahe. Seduh jahe yang sudah dihancurkan ke dalam satu cangkir air panas dan diamkan hingga agak hangat. Namun ada yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi jahe ini yaitu jangan sampai melebihi 2-4 gram. Mengkonsumsi berlebihan bisa menyebabkan kondisi lambung malah semakin parah.

5. Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini memang seringkali dijadikan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan anda bisa menggunakannya pula untuk mengatasi asam lambung yang naik.

Cara mengolahnya pun juga cukup mudah, anda bisa membuat jus lidah buaya. Setelah itu konsumsi setelah bangun tidur, maka gejala maag atau asam lambung yang naik dapat membaik. Kandungan anti inflamasi yang ada di dalam lidah buata sangat bermanfaat meredam inflamasi di dalam lambung.

6. Mengkonsumsi Oatmeal Setiap Paginya

Biasanya orang yang menderita asam lambung tinggi akan merasa kurang nyaman saat pagi hari. Tak heran kondisi ini juga membuat penderitanya menjadi susah makan pagi. Cobalah untuk membiasakan diri mengkonsumsi oatmeal hangat setiap pagi untuk sarapan. Tak hanya membuat asam lambung menurun dengan cepat namun juga membuat lapisan pencernaan lebih santai. Oatmeal juga memiliki kandungan lemak sehat yang dapat membantu menyamankan esophagus bagian bawah. Baca juga : cara mengatasi tekanan darah rendah.

7. Kunyit

Tak hanya dapat digunakan untuk bahan masak, rempah-rempah ini bisa digunakan untuk mengobati biduran dan juga dapat mengatasi asam lambung yang meningkat tinggi. Untuk mengobati asam lambung dengan menggunakan kunyit, anda bisa mencoba cara di bawah ini:

  • Siapkan kunyit dan cuci bersih, setelah itu cincang kunyit kecil-kecil
  • Rebus potongan kunyit dengan air, kurang lebih sebanyak 1 ½ gelas selama 15 menit
  • Saring air rebusan dan bisa ditambahkan dengan madu atau gula aren
  • Setelah itu konsumsi ramuan secara rutin

8. Baking Soda

Baking soda juga ampuh untuk mengatasi kondisi asam lambung yang meningkat yang dapat membuat lambung terasa perih. Sifat basa nya dapat membantu menetralisir asam di dalam lambung. Apalagi jika nyeri yang dirasakan hingga sampai ke bagian dada. Untuk membuat ramuan obat ini, anda bisa melakukan langkah-langkah berikut:

  • Campurkan 1 sdt baking soda dan 1 gelas air
  • Aduk merata dan konsumsi sampai asam lambung menurun

Namun jika kondisi asam lambung anda terlalu sering naik. Maka cobalah untuk menggunakan cara lainnya. Hal ini karena baking soda memiliki kandungan garam yang dapat menimbulkan efek samping seperti mual dan muntah.

9. Makan Almond Ketika Lapar

Saat anda terasa lapar, tentunya anda harus segera makan. Tidak baik menahan rasa lapar karena dapat memperburuk pencernaan anda. Makan almond saat anda merasa lapar sebagai pengganti makanan sementara akan bermanfaat baik untuk menetralkan asam lambung.

10. Mengunyah Permen Karet

Terdapat sebuah penelitia yang menunjukkan jika mengunyah permen karet selama ½ jam dapat mengurangi gejala-gejala GERD ataupun asam lambung. Permen karet mampu memicu pelepasan air liur sehingga membuat asam dapat terakumulasi di dalam perut dan tercuci bersih dengan cepat. Hal ini lah yang membuat gejala asam lambung akan semakin berkurang.

Selain cara-cara diatas, sebagai penderita asam lambung wajib untuk mengubah pola hidup yang lebih sehat dan hindari hal-hal yang dapat memicu asam lambung yang meningkat. Nah berikut ini ada beberapa hal yang harus dihindari bagi penderita maag atau asam lambung.

  • Hindari kebiasaan makan makanan yang mengandung lemak dan protein secara bersamaan. Kedua nutrisi ini jika dikonsumsi secara bersamaan malah akan membuat asam lambung meningkat. Setidaknya beri jeda selama 30 menit ketika sampai salah satunya sudah masuk ke dalam pencernaan.
  • Hindari kebiasaan makan makanan dan minuman yang asam setelah anda makan. Kebiaaan ini bisa menyebabkan produksi asam lambung menjadi lebih cepat dan menimbulkan rasa perih.
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan pemanis buatan. Bahan pemanis buatan memang dapat membuat perut terasa kenyang kebih lama namun kebiasaan ini bisa membuat asam lambung menjadi naik.
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng. Semua makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi bisa mengganggu sistem pencernaan. Lemak yang tinggi akan mengandung banyak minyak di dalamnya yang dapat membuat asam lambung meningkat cepat.
  • Hindari stress yang berlebih. Tak jarang gejala asam lambung yang meningkat dapat disebabkan karena stress yang dirasakannya. Dalam waktu singkat stress bisa menyebabkan rasa ingin mual dan muntah akibat asam lambung yang terus meningkat.

Nah itu tadi ebberapa cara mengatasi asam lambung naik secara alami tanpa mengkonsumsi obat-obatan yang aman dan mudah anda lakukan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.