Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

6 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan Dengan Tepat Dan Mudah

Bagi para Ibu yang baru saja melahirkan tentunya akan mengalami beberapa perubahan yang salah satunya adalah mengalami pembengkakan pada tubuh, termasuk pembengkakan pada kaki Ibu. Kaki bengkak merupakan salah satu dampak dari pasca kelahiran, dan hal ini kebanyakan Ibu-Ibu sudah menganggapnya adalah hal yang wajar. Jadi, hal seperti ketika terjadi pada Anda, tak perlu risau atau khawatir dengan adanya peristiwa kaki bengkak setelah melahirkan. Walaupun masih banyak Ibu yang merasa khawatir dengan adanya peristiwa kaki bengkak setelah melahirkan.

Perlu diketahui, bahwa kaki bengkak setelah melahirkan adalah suatu dampak yang disebabkan karena adanya peningkatan volume darah ketika masa kehamilan. Jadi, sebenarnya proses meningkatnya volume darah ini bukan terjadi setelah kehamilan, melainkan di masa kehamilan Anda. Nah, efeknya akan terasa ketika Anda selesai melahirkan yaitu setelah beberapa minggu kemudian. Sebenarnya pembengkakan itu bukan terjadi pada kaki saja, melainkan pada anggota tubuh lainnya salah satunya adalah perut.

Tak hanya karena adanya peningkatan volume darah pada tubuh Anda, melainkan juga karena adanya tekanan darah yang terlalu tinggi atau biasa disebut sebagai hipertensi ini juga dapat memicu adanya kaki bengkak setelah melahirkan. Umumnya, kaki bengkak setelah melahirkan ini terjadi pada pergelangan kaki dan sekitarnya. Jadi tak heran jika Anda atau istri Anda akan mengalami bengkak pada kaki setelah melahirkan Anda atau anak Anda.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan

Jadi, jangan membenci istri Anda ya, kalau habis melahirkan badannya bakalan bengkak dan melar. Hal ini adalah hal yang wajar loh. Namun, Anda bisa meminimalisir hal ini terjadi pada istri Anda atau Anda setelah melahirkan.
Sehingga adapun cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan. Simak cara-cara di bawah ini:

1. Peregangan Kaki

Sebaiknya setelah Anda melahirkan, Anda melakukan peregangan pada kaki Anda. Tak hanya pada kaki, Anda juga bisa melakukan peregangan pada tangan Anda agar tangan Anda juga tidak mengalami pembengkakan.

Peregangan kaki ini juga bukan hanya dilakukan setelah melahirkan saja, melainkan di masa kehamilan Anda juga perlu melakukannya. Lakukanlah di sela-sela waktu, seperti jam istirahat atau jam santai. Anda bisa melakukannya dengan cara berjalan-jalan sedikit demi sedikit saat masa kehamilan Anda. Dengan begitu Anda tidak akan mengalami pembengkakan pada kaki setelah melahirkan.

Perlu diingat juga, bahwa jangan terlalu sering duduk. Jika Anda sering melakukan duduk terlalu lama, maka perederan darah atau sirkulasi darah akan berjalan lancar. Dengan melakukan sedikit peregangan kaki pada saat masa kehamilan, maka Anda dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh dan kaki tidak bengkak setelah melahirkan.

2. Atur Posisi Kaki

Cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan mengatur posisi kaki. Posisi kaki juga dapat menentukan perederan dan sirkulasi darah, lancar atau tidaknya. Jadi, Anda perlu mengetahui hal ini agar Anda tidak mengalami pembengkakan pada kaki Anda setelah melahirkan.

Jika kaki terasa kencang atau tegang saat Anda duduk atu tidur, Anda bisa berdiri sejenak untuk melemaskan kaki Anda. Hal yang bisa membuat kaki Anda tegang adalah karena adanya cairan yang menumpuk pada kaki Anda.

Selain mengatur posisi kaki saat berdiri, Anda juga bisa menggunakan ganjalan kaki alias meninggikan kaki Anda untuk menyiasati kaki bengkak setelah melahirkan. Sengan posisi kaki lebih tinggi daripada pantat, maka dapat mengurangi cairan yang menumpuk pada area pergelangan kaki setelah melahirkan.

3. Menyilangkan Kaki

Sebaiknya jangan sering-sering menyilangkan kaki Anda saat Anda sedang duduk. Memang, ketika kaki disilangkan ke depan dapat memberikan kenyamanan Anda pada saat duduk. Namun, jika kaki sedang bengkak setelah melahirkan, sebaiknya jangan menyilangkan kaki Anda saat sedang duduk. Hal tersebut dapat menghambat perederan darah yang dapat memperburuk kondisi kaki Anda.

Jadi, Anda perlu memposisikan kaki Anda lebih tinggi di atas lantai saat duduk. Jangan menyilangkan kaki Anda jika kaki Anda tidak ingin semakin membengkak.

4. Konsumsi Makanan Asin

Makanan asin dapat menyebabkan terjadinya penimbunan cairan dalam tubuh. Sehingga, Anda perlu menghindari makanan yang berasa asin. Kacang atau beberapa camilan yang gurih bisa Anda makan sebagai pengganti makanan yang terlalu asin.

5. Merendam Kaki

Anda juga bisa merendam kaki Anda dengan air garam saat Anda mengalami kaki bengkak setelah melahirkan. Air garam dapat menurunkan pembengkakan kaki Anda setelah melahirkan. Selain itu, garam juga mengandung mineral yang dapat mengurangi rasa lelah pada kaki Anda terutama pada bagian kaki.

6. Menahan BAB

Jika Anda merasa ingin BAB, sebaiknya jangan terlalu ditahan. Kebanyakan ibu-ibu menahan BAB agar jahitan pada perut. Sebenarnya hal ini adalah cara yang salah.

Itulah 6 cara yang bisa Anda terapkan sebagai cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan. Anda bisa menerapkannya setelah melahirkan maupun saat masa kehamilan Anda.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.