Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi Yang Ampuh, Aman Dan 100% Alami

Pilek merupakan penyakit yang sangat sering dialami oleh bayi dan anak-anak, bahkan dalam satu tahun bayi bisa mengalami pilek hingga 4 sampai 5 kali. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh bayi yang masih dalam tahap berkembang sehingga belum bisa maksimal menghalau serangan virus dan bakteri jahat yang datang.

Biasanya pilek pada bayi diikuti dengan gejala lain seperti batuk, sulit bernapas karena hidung tersumbat hingga demam. Hal ini membuat bayi menjadi gelisah dan sulit tidur di malam hari, sebab biasanya gejalanya bisa saja bertambah buruk.

Cara Mengatasi Pilek pada Bayi dengan Perawatan Rumahan

Mengatasi pilek pada bayi memang perlu perhatian dan kesabaran ekstra karena mungkin bisa jadi sangat sulit dilakukan. Pemberian obat-obatan bebas tanpa pengawasan dokter pada bayi di bawah usia 4 tahun apat berakibat fatal, sehingga sangat disarankan untuk merawatnya secara alami. Perawatan secara alami dan tepat pada bayi yang mengalami pilek akan membantunya merasa lebih baik dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Meskipun demikian, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter untuk perawatan terbaik. Terutama jika gejala lain muncul dan memperparah keadaan bayi bahkan tak membaik setelah satu minggu. Berikut cara mengatasi pilek pada bayi dengan perawatan rumahan.

1. Berikan Sari Buah Lemon

Lemon merupakan obat alami yang penuh dengan khasiat luar biasa untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan. Kaya akan kandungan vitamin C membuat lemon mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melawan virus pilek yang menyerang.

Tak sampai di situ saja, sifat antibakteri dan juga anti inflamasinya juga mampu mengatasi gejala pilek, seperti hidung berair, tenggorokan sakit dan juga batuk. Berikut cara memanfaatkan lemon untuk mengatasi pilek pada bayi, di antaranya.

  • Peras 4 buah lemon untuk diambil airnya, lalu tambahkan 2 atau 3 irisan jahe kemudian rebus keduanya dan tambahkan segelas air.
  • Rebus hingga mendidih lalu diamkan hingga suhunya turun dan dingin.
  • Tambahkan madu dalam air rebusan sari lemon dan jahe tersebut sebagai penambah rasa.
  • Kemudian berikan pada bayi anda sedikit demi sedikit, cukup dua senddok makan saja.
  • Jika bayi anda berusia d bawah satu tahun, lebih baik gunakan gula pasir dari pada madu. Sebab madu tidak dianjurkan untuk bayi dibawah usia 1 tahun.

2. Berikan Sop Hangat

Jika bayi anda sudah mulai menapatkan MPASI (makanan pendamping ASI) maka pemberian makanan bernutrisi bisa dilakukan. Seperti sup ayam dan sayuran, supaya bayi tetap mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu melawan pilek yang menyerang kekebalan tubuhnya.

Antioksidan yang terkandung dalam bahan-bahan sup akan semakin mempercepat proses penyembuhan. Sup yang hangat akan memberikan sensasi hangat di dada bayi sehingga membuat pernapasan menjadi lebih lega dan ringan. Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan penuh nutrisi sebagi pelengkap sup untuk bayi Anda. Eperti wortel, kentang, ayam kampung, tomat dan sayuran lainnya sesuai selera.

3. Jahe

Jahe dikenal sebagai tanaman herbal yang berkhasiat, terutama untuk mengatasi pilek baik pada bayi maupun orang dewasa. Kandungannya yang kaya antibakteri, antiinflmasi, anti viral dan juga antitusive-nya membuatnya mampu mengatasi gejala pilek yang mengganggu. Jahe pun juga mampu mengatasi demam akibat pilek dan meningkatkan kekebalan tubuhh. Sehingga tak perlu memberikan obat-obatan penurun panas jika tidak mendesak. Berikut cara mengatasi pilek paa bayi dengan memanfaatkan jahe, di antaranya.

  • Rebus dua ruas jahe sepanjang 3 cm dalam 6 gelas air, dan tambahkan 2 batang kayu manis.
  • Rebus dalam suhu sedang hinga airnya menyusut, lalu diamkan hingga dinggin.
  • Kemudian berikan pada bayi sesering mungkin, jangan lupa berikan madu atau gula untuk menambaha rasa lebih manis.

4. Berikan Teh Hangat

Teh memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga memberikannya pada bayi dapat membantu mengatasi pilek yang dideritanya. Berikan teh yang hangat jangan dingin, karena bisa memperparah kondisi pilek bayi.

Setelah menyeduh teh dengan air panas, ambil sedikit dalam gelas yang lebih kecil lalu tambakan air supaya tak terlalu panas. Jangan lupa tambahkan madu atau gula agar bayi take rasa kepahitan. Pemberian teh hangat pada bayi yang pilek akan membantu meredakan gejala yang dirasakannya, seperti hidung tersumbat.

5. Berikan Madu alami

Madu yang bersifat anti bakteri, anti oksidan dan kaya nutrisi merupakan bahan alami yang terbilang untuk mengatasi pilek pada bayi terutama untuk bayi yang berusia lebih dari 1 tahun. Nutrisinya membantu meningkatkan kekebalan tubu bayi dengan meredakan sakit di tenggorokan dan juga batuk karena pilek serta menghalau bakteri penyebab infeksi pilek.

Anda dapat memberikan madu secara lansung dengan mencairkannya dulu dengan air hangat, sebab madu alami sifatnya cukup kental sehingga terkadang bayi sulit menelannya. Perlu diingat agar jangan memberkan madu untuk bayi ddibawah usia 1 tahun. Sebab madu mengandung bakteri dan bayi dibawah 1 tahun belum dapat mencernanya dengan baik sehingga bisa saja menimbulkan masalah.

6. Bersihkan Lendir di Hidung Bayi

Pilek ditandai dengan keluarnya lendir yang berlebihan pada hidung bayi, hal tersebut tentu sangat mengganggu dan membuat bayi merasa tidak nyaman. Untuk itu hal yang perlu anda lakukan ialah sesering mungkin membersihkan lendir yang ada di hidung bayi agar sistem pernapasannya tidak tergangu.

Membersihkan lendir pada hidung bayi bisa dengan mmenggunakan nasal aspirator atau penyedot ingus. Dan jika lendir atau ingus ddi hidung bayi mulai mengental an menyumbat, Anda bisa mengencerkannya dengan menggunakan cairan garam yang diteteskan ke hidung bayi.

Saat membersihkan lendir I hidung bayi lakukan dengan perlahan dan hati-hati janan ampai melukai jaringan di hidungnya yang masih sangat sensitif. Jika lendir atau inus mulai mengeras di baian luar hidung, bersihkan denan kapas hangat agar mengurangi iritasi.

7. Berikan Tepukan lembut di Bagian dada

Untuk mengatasi pilek pada bayi Anda juga dapat memberkan tepukan lembut di punggung bayi. Hal tersebut dilakukan supaya pernapasan bayi mmenjadi lebih ringan dan tak mudah tersedak. Untuk melakukannya, posisikan bayi tengkurap di pangkuan Anda lalu tepuk-tepuk lembut punggunnya secara perlahan.
Anda juga dapat memberikan pijatan lembut dengan minyak kayu putih atau esensial oil lain yang aman untuk bayi. Lakukan setiap pagi dan sore setelah mandi, Anda juga bisa memandikannya dengan air hangat untuk membantu melegakan pernapasannya yang tersumbat akibat pilek.

8. Berikan Suasana yang hangat dan nyaman

Saat bayi pilek usahakan untuk membuat ruangan jadi lebih hangat dan nyaman, bila perlu jangan gunakan penyejuk ruangan atau AC sementara waktu. Supaya membuat hidung tersumbat karena pilek tak semakin memburuk.

Bila perlu Anda bisa menggunakan humidifier untuk memberikan sensasi hangat pada ruangan tidur bayi. Tambahkan pula minyak esensial seperti mentol untuk membantu melegakan pernapasan dan membuat bayi tidur lebih nyaman dan tenang tanpa gangguan hidung mampet.

9. Berikan Posisi Tidur yang Nyaman

Bayi yang belum dapat berkomunikasi secara verbal hanya dapat menangis an berteriak untuk menyampaikan rasa tidak nyamannya ketika pilek melanda. Apalagi ketika ingin tidur, bayi cenderung akan lebih gelisah dan muda marah, karena rasa kantuk dan lelah tapi hidungnya tersumbat karena pilek.

Oleh karenanya berkan posisi tidur yang nyaman pada bayi dengan memposisikan kepalanya lebih tinggi, Anda bisa menambahkan bantal yang nyaman untuknya. Posisi kepala yang lebih tinggi membuat hidung lebih lega dan tidak ua terumbat, sehingga bayi bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman.

10. Berikan ASI yang Cukup

ASI sangat penting untuk bayi terutama ketika ia sedang sakit, karena di dalamnya terkandung nutrisi yang akan meningkatkan kekebalan tubuh bayi dan memulihkannya dengan cepat. Apalai jika bayi masih dalam masa pemberian ASI eksklusif, sebab ASI akan membantu melawan virus syan menyerang tubuh bayi. Jika pilek membuat bayi kesulitan menyusu, Anda dapat mengubah posisi ketika menyusui isalnya dengan posisi duduk agar hidung bayi tiak tersumbat dan memudahkannya menyusu secara langsung.

Demikian 10 cara mengatasi pilek pada bayi yang dapat Anda lakukan di rumah dengan mudah dan lebih alami tentunya. Mengatasi pilek pada bayi seharusnya bisa lebih bijak dan usahakan untuk memberikan perawatan maksimal bukan dengan sedikit sedikit pergi ke dokter. Dengan perawatan intensif di rumah pilek pada bayi pun juga dapat diatasi. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.