Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Mengatasi Sembelit Dengan Mudah, Cepat Dan 100% Alami

Sembelit atau konstipasi merupakan masalah pencernaan yang umum di hadapi oleh banyak orang dari berbagai kalangan usia. Kondisi tersebut terjadi karena tinja yang keras dan kering sehingga seseorang kesulitan untuk buang air besar. Hal tersebut terjadi karena banyak hal, misalnya karena makanan yang kurang serat, gaya hidup, kehamilan, mengkonsumsi obat tertentu atau karena adanya gangguan penyakit.

Cara Mengatasi Sembelit Tanpa Obat-obatan

Sembelit memang dapat membuat perut merasa sakit dan tidak nyaman, namun jangan buru-buru mengambil obat pencahar untuk meredakan sembelit. Alih -alih menggunakan obat-obatan kimia, cobalah dulu dengan memanfaatkan bahan alami. Ingin tahu selengkapnya mengenai cara mengatasi sembelit dengan bahan alami? Simak ulasannya berikut ini.

1. Penuhi Kebutuhan Air

Menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari membantu melancarkan sistem pencernaan dan juga fungsi otot. Setidaknya dalam satu hari tubuh harus mendapat asupan cairan 8 gelas sehari atau etara dengan 2 liter air secara teratur agar tetap sehat dan menjaga tetap terhidrasi.

Dan ketika Anda mengalami sembelit, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan lebih banyak meminum air. Setidaknya 10 atau 11 gelas air, dan minumlah sesering mungkin yakni 1 hingga 2 gelas setiap dua jam sekali. Dan lebih baik lagi jika Anda langsung meminum air putih setiap bangun tidur di pagi hari agar memberikan efek detokifikasi yaitu membantu tubuh mengeluarkan racun.

2. Sari Lemon

Lemon juga bagus untuk mengatasi sembelit, khususnya sari buahnya. Dan sari lemon merupakan salah satu cara mengatasi sembelit paling simpel dan efektif yang bisa Anda coba di rumah. Hal ini karena kandungan flavonoid yang terdapat di dalam sari lemon segar mampu merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan di dalam sistem pencernaan. Sehingga membuat semuanya bekerja lebih maksimal.

Dan jangan lupa bahwa lemon juga mengandung serat yang cukup tinggi seinggga membantu meringankan sembelit. Potong 1 buah lemon segar, peras dan ambil airnya. Tambahkan air hangat, lalu sedikit garam dan juga madu untuk menambah rasa.

Waktu terbaik untuk meminumnya air lemon hangat ini ialah di pagi hari ketika perut masih kosong untuk memberikan efek detoks dan membuang racun dalam tubuh. Anda juga dapat meminumnya sebelum tidur untuk melancarkan buang air besar di pagi hari.

3. Buah Tin

Buah yang berasal dari daratan Asia Barat ini memiliki manfaat yang begitu luar biasa, tak terkecuali untuk mengatasi masalah sembelit. Buah tin kaya akan serat dan bersifat sebagai pencahar alami, selain itu juga juga kaya akan anthocyanin dan polifenol , senyawa anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Karenanya buah tin sangat sering digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk meredakan gangguan pencernaan. Baik kering maupun segar, buah tin bisa digunakan untuk mengatasi masalah sembelit. Anda dapat mengkonsumsinya langsung tanpa harus mengupas kulitnya, sebab kulitnya pun mengandung kalsium dan serat yang cukup banyak.

Atau merendamnya dalam air hangat dan mencampurkannya dengan kacang almond kemudian di makan langsung untuk meredakan gejala sembelit.

3. Minyak Biji Jarak

Bersifat sebagai pencahar alami, minyak biji jarak merangsang usus kecil dan usus besar serta meningkatkan pergerakan usus sehingga tinja yang keras bisa dikeluarkan tanpa menimbulkan rasa sakit.

Unsur kimia yang terkandung dalam minyak jarak meliputi flavonoid, asam lemak, asam amino, terpenoid, senyawa fenolik dan juga pitosterol. Senyawa-senyawa tersebut memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan dan hepatoprotektif yang mampu meningkatkan sistem pencernaan.

Cukup dengan meminum satu hingga dua sendok minyak biji jarak ketika perut kosong, hal ini akan membantu mengatasi masalah sembelit. Untuk menambahkan rasa, Anda bisa mencampurkannya dengan jus jeruk atau jus buah lainnya.

Minyak biji jarak ini tidak direkomendasikan untuk diminum dalam dosis besar dan dalam jangka waktu yang lama. Sebab dapat menyebabkan kram perut, sebaiknya cukup minum sekali sehari ketika sembelit benar-benar sudah sangat parah.

4. Madu

Madu juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah sembelit, karena juga memiliki sifat pencahar alami. Anda dapat mengkonsumsinya setiap hari untuk mengobati sekaligus mencegah sembelit. Pilih madu asli atau murni tanpa tambahan gula agar manfaatnya lebih maksimal.

Konsumsilah dua sdt madu tiga kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya, Anda juga dapat mencampurkan madu dan air jeruk lemon dengan segelas air hangat. Dan minumlah setiap pagi selagi perut masih kosong.

5. Biji Rami atau Flaxseed

Kaya akan fenol, vitamin E dan K, serta mineral seperti magnesium dan kalium, membuat biji rami termasuk bahan alami kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh termasuk sistem pencernaan. Tak hanya itu, biji rami juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang bertindak untuk mengurangi rasa sakit akibat sembelit.

Selain itu biji rami juga memiliki sifat pencahar alami yang sangat berguna untuk mengatasi masalah sembelit, mulai ringan hingga serius. haluskan 1 sdm biji rami menggunakan penggiling kopi atau blender.

Kemudian campurkan 1 sampai 2 gelas air dan biji rami bubuk, lalu diamkan selama 15 menit sebelum meminumnya. Minumlah air tersebut setiap hari sebelum tidur, agar di pagi hari kegiatan buang air besar jadi lebih lancar. Saat mengonsumsi biji rami, imbangi dengan memperbanyak minum air.

6. Buah Plum

Prune atau buah plum kering telah dikenal secara luas untuk mengatasi sembelit secara alami. Ini karena buah plum mengandung serat yang cukup tinggi, dalam 100 gr buah plum kering setidaknya mengandung 6gr serat. Tentu hal ini sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan serat yang diperlukan tubuh.

Konsumsi setidaknya 1 atau dua buah plum setiap hari untuk mendapatkan manfaat baiknya. Anda pun juga dapat mengkombinasikannya dengan susu almond, atau yoghurt untuk menambah rasa agar tidak bosan.

7. Magnesium

Magnesium merupakan mineral penting keempat yang harus ada dalam tubuh, karena sangat penting untuk membantu perkembangan tulang dan juga mengatasi masalah sembelit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air mineral yang kaya magnesium dan sulfat mampu merangsang pergerakan usus pada orang yang mengalami sembelit sehingga memudahkan tinja untuk dikeluarkan.

Mineral ini cukup berlimpah dan banyak ditemukan di sekitar kita, meskipun begitu masih banyak orang kekurangan magnesium. Anda bisa mencukupi kebutuhan magnesium harian dari beberapa sumber makanan yang ada di sekitar Anda, seperti almond, alpukat, brokoli, labu dan sayuran hijau.

8. Bayam

Bayam sangat baik untuk sistem pencernaan, terutama ketika Anda sedang mengalami sembelit. Kaya akan serat dan asam oksalat, bayam pun juga kaya akan kalsium dan fosfor serta vitamin yang cukup tinggi untuk mencukupi kebutuhan harian tubuh.

Tak hanya enak dan bermanfaat ketika dikonsumi matang, bayam pun juga bisa dikonsumsi mentah. Bahkan bayam mentah dapat membantu membersihkan serta meregenerasi saluran usus secara menyeluru.

Cara mengatasi sembelit dengan bayam bisa Anda lakukan dengan mengolahnya menjadi masakan seperti sayur bening atau urap. Atau Anda bisa membuatnya menjadi jus dengan menambahkan air, lalu minum dua kali sehari saat sembelit parah melanda.

9. Molase

Molase atau tetes tebu ternyata memiliki manfaat yang sangat bagus untuk mengatasi sembelit. Di dalamnya banyak terkandung vitamin dan mineral seperti kalsium, zat besi, selenium, magnesium, dan vitamin B6. Dalam sebuah penelitian juga menunjukan bahwa molase aman dikonsumsi dan terbukti efektif dalam mengatasi sembelit.

Konsumsi 1 sdt molase setiap hari saat sembelit melanda akan membantu melancarkan buang air besar. Jika Anda tidak dengan suka rasanya, Anda bisa mencampurkannya dengan susu atau jus buah sebagai selingan. Karena kandungan kalorinya yang tinggi, Anda tidak harus mengkonsumsinya setiap hari cukup saat sembelit saja.

10. Cafeine

Kopi tak hanya membuat Anda betah begadang, tetapi juga bisa mengatasi sembelit, lho. Pada sebagian orang, kopi ternyata dapat meningkatkan keinginan untuk pergi ke kamar mandi. Mengapa? Hal ini karena kandungan caffeine dalam kopi mampu merangsang otot-otot dalam sistem pencernaan sehingga membuat BAB jadi lebih lancar.

Bahkan dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kopi tinggi kafein mampu menstimulasi pergerakan usus sehingga mengurangi sembelit. Kopi juga mengandung serat yang larut dalam air, meskipun dalam jumlah yang terbatas namun dapat meningkatkan keseimbangan bakteri di usus sehingga membantu mencegah sembelit.

Demikian 10 cara mengatasi sembelit secara alami tanpa obat dan terbukti efektif. Banyak faktor yang menyebabkan adanya sembelit, namun kebanyakan karena kurangnya asupan serat dan juga air di dalam tubuh. Karenanya jagalah asupan yang masuk kedalam tubuh agar seimbang dan sembelit pun tak akan mampir lagi. Semoga bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.