Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah Memanfaatkan Makanan Alami

Tekanan darah yang rendah bisa terjadi pada siapapun, bahkan tidak ada batasan usia sama halnya dengan kondisi tekanan darah tinggi. Meskipun sebagian besar kasus tekanan darah rendah seringkali dialami oleh orang yang berusia 40 tahun ke atas, namun tekanan darah juga dapat terjadi pada usia anak-anak dan dapat menghambat pertumbuhan serta aktivitas sehari-harinya. Kondisi tubuh yang mengalami tekanan darah rendah terkadang menyebabkan seseorang menjadi mudah lelah, letih dan lesu. Bahkan beberapa orang terkadang menjadi mudha kehilangan kesadaran, pusing, hingga pengelihatan menjadi kabur.

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah Secara Aman Dan Alami

Tekanan darah rendah menjadi penyakit yang tidak dapat dibiarkan begitu saja karena bisa menyebabkan resiko-resiko yang membahayakan. Tekanan darah rendah bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi obat atau suplemen penambah darah. Namun selain itu, berikut beberapa cara mengatasi tekanan darah rendah dengan mengkonsumsi makanan-makanan di bawah ini.

1. Susu dan Kacang Almond

Bagi anda yang memiliki kondisi tekanan darah rendah, anda bisa mencoba mengkonsumsi susu dan kacang almon yang dapat mengembalikan kestabilan tekanan darah. Kacang almon dapat membuat endapan kolesterol terbuang dan meningkatkan kelenturan pada pembuluh darah.

  • Siapkan 5-6 kacang almond dan susu
  • Rendam kacang almond selama satu malam di dalam air
  • Keesokan harinya, kupas kulit kacang dan kemudian giling hingga lembut
  • Setelah berbentuk menjadi pasta, rebus dengan satu cangkir susu
  • Konsumsi selagi hangat dan lakukan setiap hari di waktu pagi

2. Jus Buah Bit

Jika selama ini buat bit hanya digunakan untuk obat tekanan darah tinggi secara alami, maka buah bit juga dapat digunakan untuk mengatasi tekanan darah rendah. Jus buah bit dapat membantu menstabilkan tekanan darah yang ada di dalam tubuh. Sehingga dapat membantu menaikkan tekanan darah yang rendah, jika dikonsumsi secara rutin. Konsumsi jus buah bit setiap harinya, 2 kali sehari. Setelah itu anda bisa merasakan efeknya dalam satu minggu kedepan. Tekanan darah akan menjadi lebih baik dan kembali normal.

3. Akar Licorice

Tekanan darah rendah biasanya disebabkan karena rendahnya kadar kortisol di dalam tubuh. Namun dengan mengkonsumsi akar licorice dapat menyelamatkan kondisi anda ini. obat alami ini akan memblokir enzim yang dapat memecah kortisol serta mendukung fungsi adrenalin.

  • Siapkan teh akar licorice (sudah dalam bentuk bubuk) dalam satu cangkir air panas
  • Seduh selama 5 menit dan konsumsi selagi masih hangat
  • Konsumsi secara rutin setiap harinya dan dalam beberapa hari anda bisa merasakan hasilnya

4. Sari Buah Mengkudu

Meskipun memiliki bau yang kurang begitu enak, namun kandungan di dalamnya buah mengkudu terbukti ampuh untuk mengatasi tekanan darah rendah. Kandungan kaliumnya berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah, vitamin B kompleks nya membantu untuk membentuk sel-sel darah merah, kandungan scolopetin membantu meningkatkan kerja dan fungsi pembuluh darah dan terpenoid yang dapat memperbaiki fungsi dari pembuluh darah sehingga tekanan darah dapat kembali normal. Anda bisa mengkonsumsi sari dari buah mengkudu secara rutin. Anda bisa menambahkan madu untuk memberikan rasa manis sedikit pada ramuam herbal tersebut. Konsumsi secara rutin dan anda bisa merasakan sendiri hasilnya.

5. Kacang-kacangan

Penelitian yang dilakukan di Harvard Heart Letter menjelaskan jika makan kacang-kacangan akan sangat baik untuk meningkatkan tekanan darah. Kacang-kacangan akan diolah oleh sistem pencernaan secara perlahan dan kemudian membuat tekanan darah menjadi meningkat. Sehingga tidak ada salahnya jika anda memasukkan kacang merah, kacang hijau, kacang polong, dan buncis ke dalam menu makanan sehari hari. Sehingga dapat membantu mengatasi penyakit tekanan darah rendah. Baca juga : cara mengatasi asam lambung.

6. Kismis

Makanan yang baik lainnya untuk penderita tekanan darah rendah adalah kismis. Kandungan di dalam buah kismis dapat mendorong kelenjar adrenalin yang akan berpengaruh bai bagi kondisi tekanan darah sehingga dapat kembali normal. Untuk mengkonsumsi buah kismis, anda bisa mencoba cara di bawah ini:

  • Siapkan 30-40 buah kismis, renda dalam air selama satu malam
  • Di pagi harinya, saat kondisi perut kosong buang air rendaman dan konsumsi buah kismis tersebut
  • Lakukan setiap hari dalam waktu 1 bulan untuk melihat hasilnya

7. Rosemary

Bahan alami yang satu ini juga ampuh digunakan untuk mengatasi tekanan darah rendah. Kandungan di dalam rosemary dipercaya menstabilkan kembali tekanan darah yang tidak normal. Selain itu fungsi lain dari rose mary juga dapat digunakan untuk stimulant sistem syaraf sentral serta meningkatkan peredaran darah.

  • Cukup gunakan 10 ml rosemary setiap hari
  • Anda bisa mencampurkannya pada makanan dan minuman yang dikonsumsi

8. Daun Kemangi

Daun kemangi memang sudah dikenal dengan khasiatnya yang dapat mengatasi darah tinggi, namun selain itu daun kemangi juga dapat digunakan untuk menormalkan kembali tekanan darah yang rendah. Anda bisa mengkonsumsi daun kemangi untuk dijadikan lalapan. Konsumsi setiap hari dan anda bisa melihat perbedaannya sendiri. Daun kemangi juga efektif digunakan untuk mengatasi masalah bau mulut. Sehingga anda bisa mendapatkan 2 keuntungan sekaligus.

9. Holy Basil

Obat alami lainnya yang dapat digunakan untuk mengatais tekanan darah rendah adalah Holy Basil. Tanaman herbal ini kaya akan kandungan vitamin C, potassium, magnesium, asam pantonetat, dan masih banyak lainnya. Tak hanya membantu meningkatkan tekanan darah, namun holy basil juga dapat digunakan untuk mengatasi rasa stress.

  • Siapkan 10-15 lembar daun holy basil
  • Olah menjadi ekstrak jus, dan kemudian tambahkan 1 sdm madu
  • Konsumsi selagi perut masih kosong saat pagi hari
  • Jika ingin simple, anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk lalapan

10. Jus Lemon

Buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi ini juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi darah rendah, apalagi jika disebabkan karena dehidrasi. Bahkan tekanan darah tinggi pun dapat diobati dengan buah lemon ini.

  • Siapkan buah lemon dan kemudian ambil sarinya
  • Tambahkan dengan garam dan gula
  • Konsumsi secara rutin hingga tekanan darah kembali normal
  • Fungsi garam disini untuk meningkatkan kembali tekanan darah sedangkan gula untuk meningkatkan energi

Selain cara-cara diatas, anda juga perlu melalukan pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat menaikkan tekanan darah dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Bagi anda yang menderita tekanan darah rendah, berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa anda coba:

  • Tambahkan garam pada konsumsi makanan sehari harinya. Jika tekanan darah tinggi perlu menghindari garam, namun berkebalikan dengan penderita tekanan darah rendah yang harus mengkonsumsi garam lebih banyak lagi.
  • Tambah asupan zat besi sehair-harinya. Pada kasus-kasus darah rendah kebanyakan jika terjadi akibat sel darah merah di dalam tubuh yang kurang. Untuk itu tambah asupan zat besi setiap harinya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat besi tinggi. Mulai dari bayam, buah naga, beras merah, ayam kampung, kubis merah, dan masih banyak lainnya
  • Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya. Banyak penderita darah rendah yang tidak sadar jika mengalami kekurangan air putih sehari-harinya. Padahal jika tubuh mengalmai kekurangan cairan akan membuat kosentrasi air yang ada di dalam darah juga ikut berkurang dan malah meningkatkan kalium di dalam darah. Kalium akan menyebabkan darah menjadi menurun tekanannya.

Nah itu tadi beberapa cara mengatasi tekanan darah rendah secara alami dengan mengkonsumsi 10 makanan-makanan yang telah disebutkan. Selain itu jangan lupa atur pola hidup anda dengan mengkonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.