Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

7 Cara Mengecilkan Lengan Tangan Dengan Cepat Yang Terbukti Ampuh

Memiliki lengan yang besar terkadang dapat membuat seorang wanita jadi kurang percaya diri, apalagi ketika memakai pakain atau dress tanpa lengan. Banyak faktor yang membuat lengan menjadi besar, seperti timbunan lemak, usia hingga gaya hidup yang tidak sehat dapat mempenaruhi tampilan lengan yang terlihat besar.

Cara Mengecilkan Lengan dengan Latihan yang Tepat

Meskipun sedikit lebih sulit, mengecilkan lengan yang besar tentu saja tetap bisa dilakukan. Caranya denan melakukan latihan yang tepat disertai dengan diet yang sehat. Ingin tau bagaiamana cara mengecilkan lengan dengan mudah? Yuk simak ulasan berikut selengkapnya.

1. Lakukan Gerakan Arm slides

Gerakan arm slide sangat bagus untuk memaksimalkan otot lengan Anda (terutama otot trisep ), dan gerakan ini bekerja di seluruh otot inti yang ada di lengan. Latihan otot inti dengan gerakan arm slide mampu meningkatkan keseimbangan dan stabilitas tubuh secara menyeluruh. Berikut gerakan Arm slides yang bisa Anda ikuti.

  • Siapkan slider atau dua handuk kecil sebagai alat bantu. Lalu letakan tikar atau matras kecil di bawah lutut untuk melindunginya dari goresan.
  • Ambil posisi berlutut dengan kedua tangan berada atau memegang handuk.
  • Gerakan tangan dan tubuhh Anda maju ke depan hingga seperti hampir tengkurap dengan menggunakan slider. Tahan tubuh Anda dengan mengencangkan otot perut dan jangan sampai perut menyentuh lantai.
  • Lalu tarik kembali tubuh Anda ke posisi semula tanpa menekuk siku, fokuskan gerakan jangan sampai punggung terlalu membungkuk.
  • Ulangi gerakan dalam 8 sampai 10 kali repetisi.

2. Slam Ball

Slam ball ini merupakan gerakan yang terlihat seperti sedang memantulkan bola lalu menangkapnya lagi dan lagi. Gerakan pylometric seperti ini memiliki manfaat yang luar biasa meski tampak seperti sedang bermain –main namun cara ini cukup efektif mengecilkan lengan tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga. berikut gerakan slam ball yang bisa digunakan untuk mengecilkan lengan.

  • Posisi berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu.
  • Lemparkan bola ke bawah dan biarkan memantul ke atas lalu tangkap dengan kedua tangan. Lalu lemparkan kembali dan tangkap lagi.
  • Lakukan gerakan tersebut selama 20 kali repetisi.

Gerakan tersebut akan mebuat lenan terus bergerak sehingga mebantu mmembakar kalori. Gunakan bola yang sedikit lebih berat, Anda dapat mengunakan bola basket yang memiliki daya pantul cukup kuat.

3. Dumbell Bench Press

Gerakan dalam latihan dumbbell bench press membuat otot-otot lebih terlatih dan seimbang secara menyeluruh. Meskipun tak menggunakan beban yang berat Anda tetap dapat menggunakannya untuk mengecilkan otot lengan. Lebih dikenal untuk melatih otot dada, nyatanya latihan tersebut juga bisa digunakan untuk menguatkan otot-otot di lengan sehingga membuatnya lebih ramping. Sebagaimana berikut gerakannya,

  • Berbaringlah setengah badan di atas bench press, dengan kaki menjuntai ke bawah menapak ke lantai.
  • Gunakan dumbbell dengan berat sekitar 2 sampai 3 kg untuk masing-masing tangan, lalu angkat tangan ke atas dengan memegang dumbbell tersebut. Kemudian turunkan dengan menekuk siku.
  • Ulangi gerakan dalam 10 kali repetisi.

Jaga agar punggung Anda tetap lurus ketika melakukan gerakan ini. Jika tak ada bench press, Anda dapat mengganti posisinya di lantai dan gunakan matras agar punggung tidak terluka.

4. Bicep Curl with Band

Latihan ini akan melatih otot lengan dengan bantuan tali stretching atau resistance band. Gerakan yang dilakukan dengan menarik tali tersebut akan membantu membakar kalori atau lemak yang tersimpan di lengan.

Berikut gerakan bicep curl with band, di antaranya.

  • Berdirilah sambil menginjak tali stretching, letakan tali persis di bawah lekukan telapak kaki.
  • Pegang ujung tali tersebut dengan tangan menghadap ke depan dan posisikan tangan berada di samping.
  • Lalu tarik tali ke atas dengan menekuk siku Anda, tarik hingga tangan menempel ke bahu. Lalu turunkan perlahan.
  • Ulangi gerakan dalam 20 kali repitisi.

Saat melakukan gerakan ini jangan berayun apalagi bersandar di dinding, usahakan tubuh selalu tegak lurus agar hasilnya lebih maksimal. Gerakan ini merupakan latihan yang dapat membuat lengan lebih ramping tanpa membentuk ototnya.

5.Supine Barbell Rows

Latihan dengan supine barbell rows tak hanya akan membantu mengecilkan lengan tetapi juga akan membantu menguatkan otot-otot di bagian punggung atas juga memperbaiki postur tubuh. Anda dapat menggunakan tiang penahan atau tali yang diikatkan secara kuat ke langit-langit. Berikut gerakannya.

  • Pegan tali dengan kuat menghadap ke depan dan secara perlahan berjalanlah sedikit mundur untuk mendapatkan kemiringan yang pas.
  • Setelah siap tarik tubuh Anda dengan menggunakan otot lengan hingga tubuh bagian atas terangkat tapi kaki masih di lantai. Lalu turunkan lagi secara perlahan.
  • Ulangi gerakan tersebut dalan 10 sampai 15 kali repitisi sebanyak 2-3 set.

Saat melakukan gerakan tersebut jaga keseimbangan tubuh dan juga bagian punggung agar tetap tegak. Jika tak ada tali, Anda dapat menggunakan besi penahan atau kayu untuk melakukan gerakan row ini.

6. Narrow Push Up

Ada banyak variasi gerakan push up yang punya banyak kelebihan masing-masing, termasuk narrow push up yang bagus untuk membantu mengecilkan lengan. Gerakannya memang simpel namun jangan salah, sebab gerakan tersebut membutuhkan effort yang lebih dan keseimbangan yang bagus agar gerakannya sempurna. Berikut gerakannya.

  • Mulai dengan posisi tengkurap, lalu tekuk lengan dan letakan dibawah dada dengan ujung tangan mengarah ke depan.
  • Dorong tubuh bagian atas hingga tangan lurus menahan tubuh, dengan ujung kaki juga digunakan sebagai tumpuan. Turunkan kembali dengan perlahan, kemudian dorong lagi.
  • Lakukan gerakan tersebut gelama 10 menit dalam 2 set latihan.

7. Battle Rope

Ingin lemak terbakar, sistem kardovaskular terjaga bagus dan sekaligus mengecilkan lengan? Maka gerakan battle rope bisa jadi pilihan menarik. Gerakan yang memanfaatkan tali tambang ini sangat efektif memacu detak jantung dan membuat Anda cepat berkeringat, dan juga membuat bahu Anda lebih kuat. Tak hanya dapat membuat lengan Anda jadi lebih ramping, latihan tersebut juga sekaligus melatih otot paha. Berikut gerakan dasarnya yang bisa Anda lakukan di rumah.

  •  dengan posisi tubuh tegak sambil memegangi tali battle rope, pegang satu tali dengan kedua tangan.
  • Angkat tali tersebut hingga ke atas kepala lalu banting ke lantai, lakukan sebanyak 15 kali sebagai pemanasan.
  • Lanjutkan dengan ubah posisi setengah jongkok, lalu ayunkan tali seperti membentuk gelombang. Ayunkan tali mulai dari gerakan perlahan, lalu tambah tenaga sedikit demi sedikit saat mengayunkan tali, lakukan selama 5 ampai 10 menit.

Gerakan battle rope ini akan membantu mengencangkan otot lengan tanpa membentuknya, sehingga lengan Anda akan lebih ramping tanpa terlihat berotot. Latihan ini bisa dibilanag sebagai olah raga yang minim resiko cedera sehingga lebih aman saat dilakaukan oleh pemmula sekalipun.

Demikian 7 cara mengecilkan lengan secara mudah dengan latihan yang tepat. Tak hanya itu saja, Anda pun juga harus menjaga pola hidup sehat jika ingin hassil yang didapat lebih maksimal. Sebab asupan makanan dan gaya hidup juga mempengaruhi bentuk tubuh Anda termasuk lengan yang terlihat kurang proporsional. Semoga bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.