Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Bekas Jerawat Dengan Simpel Dan Ampuh

Ketika jerawat sedang muncul di wajah, terkadang muncul perasaan gemas dan ingin segera menyingkirkannya apa pun caranya, seperti dengan memencetnya misalnya. Tapi tahukah Anda jika hal tersebut bisa berakibat fatal untuk kulit wajah? Mengapa demikian? Sebab karena hal tersebut dapat meninggalkan bekas jerawat yang justru lebi sulit untuk diatasi.

Namun banyak yan tak tahan, karena jerawat biasanya menimbulkan rasa gatal dan peradangan di kulit sehingga membuat tidak nyaman. Jika sudah demikian Anda harus menerima kenyataan jika wajah tak akan lagi bisa semulus dulu karena bekas jerawat seperti pori-pori yang besar akan tertinggal.

Tips Dan Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Bekas Jerawat Yang Aman

Untuk mengembalikannya agar mulus tentu perlu waktu yang tidak singkat, sesingkat Anda memencetnya waktu itu. Meskipun begitu, Anda tak perlu khawatir karena masih ada cara alami untuk mengatasinya. Ingin tahu bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah bekas jerawat? Simak tips menarik berikut ini.

1. Baking soda

Bahan  yang satu ini tak hanya populer untuk membuat kue, tapi juga mampu mengecilkan pori-pori bekas jerawat secara alami. Hal ini karena baking soda membantu meregenerasi sel dengan mengangkat sel-sel mati di kulit wajah. Sehingga pori-pori yang terbuka karena jerawat bisa mulai menyempit sedikit demi sedikit.

Caranya cukup campurkan air dan baking soda, aduk merata hingga menjadi seperti adonan pasta. Oleskan campuran tersebut di bekas jerawat Anda dan diamkan sekitar 2 hingga 3 menit, kemudian bilas dan bersihkan wajah secara menyeluruh. Jika ingin hasil yang maksimal setidaknya gunakan setiiap hari agar pori-pori cepat mengecil kembali.

2. Masker Tomat

Tomat juga populer digunakan untuk mengatasi masalah jerawat sekaligus bekasnya yang membandel. Sebab di dalammnya mengandung vitamin C dan kandungan yang cukup tinggi sehingga mampu merawat wajah dengan baik dan membuat pori-pori jadi lebih kecil.

Potong 1 buah tomat menjadi dua bagian, lalu gunakan untuk peeling di wajah secara langsung. Gosok seluruh bagian wajah terutama yang pori-porinya lebih lebar, lalu biarkan selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Hal ini akan membantu mmenyamarkan noda bekas jerawat sekaligus mengeclkan pori-pori yang terbuka.

3. Wortel

Wortel tak hanya bagus untuk menjaga kesehatan mata tetapi ternyata juga bagus untuk mengecilkan pori-pori akibat jerawat. Ini tak lain karena kandungan vitamin A dan mineralnya yang sangat baik untuk membantu merangsang tumbuhnya sel baru.

Rebus 2 atau 3 wortel berukuran sedang hingga empuk, lalu angkat dan lumatkan hingga lembut. Gunakan wortel tersebut sebagai masker dan ddiamkan selama 15 apai 2 menit. Lalu angkat masker dan bilas hingga beri menggunakan susu. diamkan lagi selama 1 menit baru bilas dengan air hangat. Kandungan asam laktat pada susu akan ebantu enecilkan pori-pori sekaligus mencerahkan wajah.

4. Mentimun

Mentimun yang kaya air akan memmberikan kelembabab yang dibutuhhkan oleh wajah berjerawat. Siapkan mentimun segar kemudian cuci bersih, cara enggunakannya bisa di blender atau di poton tipis-tipis.  Oleskan sari mentimun ke wajah, atau bisa juga dengan menggunakan irisan mentimun untuk memberikan pijatan lembut di wajah.

Selain mengecilkan pori-pori hal ini juga akan mmmembantu mengurangi bekas noda jerawat yang sulit hilang dan melembabkan wajah. Untuk memaksimalkan hasilnya, gunakan setiap hari secara rutin.

5. Putih telur

Tak hanya bisa membuat kulit lebih kencang, masker dari putih telur juga dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori bekas jerawat. Ambil dan pisahkan putih telur dari kuningnya, tak perlu diaduk atau dikocok karena Anda dapat menggunakannya secara langsung.

Gunakan kapas untuk mengambil putih telur dan mengoleskannya di wajah, oleskan ke area yang pori-porinya lebih lebar sambil dipijat lembut dengan merata. Putih telur memiliki sifat penyembuh yang begitu kuat, yang dapat membantu mengatasi bekas jerawat, seperti noda hitam dan bintik-bintik gelap dan juga pori-pori yang besar tentunya.

6. Madu

Madu merupakan bahan terbaik untuk menghaluskan kulit sekaligus mengangkat kotoran yang tertinggal di pori-pori dan mengecilkannya. Gunakan air hangat untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Lalu oleskan madu ke area bekas jerawat yang pori-porinya terbuka, sambil dipijat lembut.

Setelah itu diamkan selama kurang lebih 20 menit agar nutrisinya masuk ke kulit, setela itu baru kemudian basuh muka dengan air hangat. Keringkan segera wajah Anda dengan handuk lembut, lalu setelanya gosokkan es batu ke wajah secara merata.

7. Kentang

Kentang adalah bahan alami lainnya yang juga dapat diunakan untuk mmembuat pori-pori jadi lebih kecil. Kandungan antioksidan dan mineral di dalamnya disebut-sebut yang berperan penting dalam mmembantu masalah jerawat seperti noda hitam hingga pori-pori yang besar.

Ambil satu buah kentang lalu cuci bersih dari kotoran yang menempel, lalu iris menjadi beberapa bagian kecil. Kemudian gosokan irisan kentang tersebut dengan lembut di seluruh wajah lalu biarkan selama 10 menit sebelum membilasnya  dengan air. Anda pun juga dapat memblendernya dan gunakan sebagai masker wajah, biarkan mengering selama 30 menit baru kemudian dibersihkan.

8. Lemon, Madu, Almond Oil dan Susu bubuk

Perpaduan lemon, madu, almond oil dan susu bubuk merupakan kombinasi yang luar biasa untuk mengatasi pori-pori besar akibat jerawat yang membandel. Semua bahan tersebut memiliki kanungan yang dapat menutrisi secara maksimal.

Siapkan bahan-bahan seperti air perasan lemon, madu, almond oil, dan susu bubuk dengan takaran yang sama yakni 1 Sdm. Campur hingga merata semua bahan yang ada di dalam mangkuk. Lalu oleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit baru kemudian basuh hingga bersih. Jika digunakan secara rutin tak hanya pori-pori yang akan mengecil tetap noda bekas jerawat pun akan turut menghilang.

9. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki sifat sebagai astringent dan toner alami untuk kulit. Karena itulah ia mampu mengencangkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori yang besar akibat jerawat, serta mengembalikan keseimbangan pH kulit. Ditambah lagi, sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang terkandung di dalamnya sekaligus membantu mengobati jerawat.

Campurkan cuka sari apel dan air dengan jumlah yang sama, lalu rendam kapas ke dalam larutan tersebut dan oleskan ke wajah Anda. Diamkan selama beberapa saat sebelum membilasnya. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, gunakan setiap malam setelah Anda membersihkan wajah.

10. Yoghurt

Yogurt memiliki kandungan asam laktat yang mampu mengurangi kelebihan minyak, mengangkat kotoran dan sel kulit mati, serta mengecilkan pori-pori yang terbuka karena jerawat. Selain itu juga mampu mengurangi keriput dan garis-garis halus di wajah.

Oleskan yogurt tawar di wajah tipis-tipis saja, lalu diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal gunakan setiap hari, setidaknya selama satu bulan pertama.

Anda juga dapat mencampurkan yogurt tawar dan tepung gram untuk membuat pori-pori jadi lebih kecil. Campur kedua bahan lalu oleskan di wajah Anda dan biarkan selama 15 hingga 20 menit. Baru kemudian bilas dengan air dingin, lakukan dua kali seminggu selama sebulan agar hasilnya maksimal.

Demikian 10 cara mengecilkan pori-pori wajah bekas jerawat dengan bahan alami. Jika tak ingin memiliki bekas jerawat, maka jangan suka memencet jerawat ketika masih dalam keadaan meradang. Lebih baik diobati dulu, baik dengan bahan alami atau dengan bantuan medis. Semoga bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.