Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

8 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Dengan Cepat Dan 100% Alami

Ketika kulit terluka, jaringan fibrosa, yang kita kenal sebagai jaringan parut akan terbentuk di atas luka untuk memperbaiki sekaligus melindungi kulit yang terluka. Ketika luka tersebut sembuh, jaringan tersebut kemudian tertinggal dan jadilah bekas luka.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan bekas luka di kulit, misalnya saja karena kecelakaan, gigitan serangga, goresan, jerawat, luka bakar, cacar air, luka akibat operasi dan masih banyak lagi penyebab lainnya. Bekas luka biasanya memiliki beragam ukuran tergantung dari apa yang menyebabkannya. Dan hal inilah yang terkadang dapat mempengaruhi rasa percaya diri dan penampikan jika bekas luka tersebut ada di wajah.

Bekas luka yang muncul di tubuh sebetulnya akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu, karena tubuh kita mampu meregenerasi sel kulit secara mandiri. Namun karena terlalu lama kadang membuat seseorang tidak sabar dan ingin mempercepat pemulihannya. Anda dapat mencoba mengatasinya dengan bahan-bahan alami.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Bahan Alami

Perlu diingat bahwa pemulihan bekas luka sangat tergantung dari seberapa parah kondisinya, sehingga setiap bekas luka bisa saja berbeda. Karena menggunakan bahan alami makanya hasil yang didapat tak bisa instan.

Sebab fokus utamanya adalah meningkatkan regenerasi sel dan meminimalisir munculnya jaringan parut dan membuat kulit sehat.

Meskipun demikian, jika Anda rutin dan sabar melakukannya maka hasil yang didapat akan luar biasa. Ingin tahu bagaimana cara menghilangkan bekas luka di wajah secara alami? Simak ulasannya berikut ini.

1. Lidah Buaya

Aloe vera atau lidah buaya merupakan herbal yang juga tak kalah efektif untuk menghilangkan bekas luka secara alami karena sifat anti-inflamasi dan antibakteri di dalamnya. Selain itu lidah buaya juga bekerja sebagai emolien (pelembab) alami untuk membantu melembabkan, memperbaiki kulit yang rusak serta meningkatkan regenerasi sel baru. Sehingga bekas luka akan berangsur-angsur hilang secara alami dan memperbaiki tekstur kulit.

Untuk melakukannya siapkan satu batang lidah buaya segar, kupas kulitnya dan potong-potong bagian dalamnya yang seperti gel tersebut kecil-kecil. Lalu oleskan gel lidah buaya tersebut pada bekas luka sambil dipijat dengan gerakan memutar. Biarkan meresap selama kurang lebih 30 menit, lalu bersihkan dengan air biasa. Anda dapat menggunakannya dua kali sehari agar hasilnya semakin maksimal. Selain untuk bekas luka, lidah buaya juga ampuh untuk menghilangkan bekas cacar.

2. Minyak Kelapa Murni

Bahan alami lainnya yang juga tak kalah dahsyatnya untuk menyingkirkan bekas luka di wajah ialah Minyak kelapa murni atau yang lebih populer disebut Virgin Coconut Oil. Kandungan Vitamin E dan antioksidan yang tinggi dalam minyak kelapa dapat membuat luka lebih cepat sembuh sekaligus mencegah timbulnya jaringan parut yang dapat meninggalkan bekas luka.

Selain itu, asam laurat, caprilat dan kaprat yang ditemukan dalam minyak kelapa ditengarai mampu menstimulasi produksi kolagen. Sehingga mempercepat pemulihan kulit yang rusak serta menangkal kerusakan akibat radikal bebas.

Panaskan sedikit minyak kelapa murni untuk membuatnya lebih encer. Oleskan minyak tersebut di tangan dan gunakan untuk memijat di bagian wajah yang terdapat bekas luka. Pijat selama 5 sampai 10 menit dan setelah itu biarkan selama kurang lebih 1 jam agar minyak meresap sempurna. Untuk hasil terbaik, lakukan 2 hingga 4 kali sehari dengan rutin.

3. Minyak Vitamin E

Minyak Vitamin E adalah vitamin E dalam bentuk minyak, di dalamnya terkandung antioksidan yang sangat efektif menghilangkan bekas luka di wajah. Sifat pelembab alaminya mampu menghidrasi kulit dan membantu memperbaiki jaringan yang rusak sehingga bekas luka akan memudar dengan lebih cepat.

Ambil beberapa kapsul vitamin E dan ambil minyaknya, usapkan minyak tersebut pada bekas luka yang ada di wajah Sambil dipijat perlahan selama 10 menit. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu basuh dengan air hangat. Lakukan dua hingga tiga kali sehari dengan rutin.

Sebelum mulai menggunakan minyak vitamin E ini, coba gunakan di tangan lebih dulu. Jika tak ada reaksi alergi maka bisa Anda lanjutkan, sebab minyak vitamin E tersebut dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang.

4. Minyak Zaitun

Tak ada yang tak kenal dengan minyak yang satu ini, karena manfaatnya yang tak main-main untuk kesehatan dan kecantikan termasuk menghilangkan bekas luka di wajah. Kaya kandungan vitamin E yang membantunya menjaga kulit tetap lembut dan lembab. Hal tersebut kemudian membuatnya mampu menghilangkan bekas luka di wajah. Untuk menggunakannya pilih minyak zaitun yang murni khusus untuk perawatan wajah.

Hangatkan dua sdm sendok minyak zaitun, lalu oleskan ke area yang terdapat bekas luka. Jangan lupa beri pijatan lembut dengan gerakan melingkar. Setelah itu diamkan hingga 30 menit, lalu bersihkan sisa-sisa minyak dengan kain bersih. Anda pun juga dapat membiarkan minyak tersebut selama semalaman agar meresap secara maksimal.

5. Lemon

Lemon adalah buah yang baik dalam hal perawatan kulit seperti menghilangkan belang di wajah. Sehingga sangat bagus untuk mengatasi berbagai macam masalah wajah termasuk bekas luka. AHA yang terkandung dalam lemon dapat menghilangkan sel-sel kulit mati serta memudarkan bekas luka yang ada. Sedangkan Vitamin C-nya membantu meregenerasi sel-sel baru dan memperbaiki kulit yang rusak akibat luka. Selain itu, sifat pencerah pada lemon juga membantu mencerahkan noda bekas luka.

Oleskan air perasan jeruk lemon di area yang terdapat bekas luka. Jika kulit Anda termasuk sensitif, Anda dapat mencampurkannya dengan air mawar atau minyak vitamin E kemudian baru di oleskan di bekas luka yang ada. Biarkan selama 10 menit, baru kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan setiap hari satu kali saja secara rutin, dan tunggu hasilnya hingga bekas luka benar-benar memudar.

6. Cuka Sari Apel

Selanjutnya, Anda juga dapat menghilangkan berbagai macam jenis bekas luka dengan cuka sari apel. Sifat asam yang dimiliki cuka sari apel membantu mengeksfoliasi serta mengangkat sel kulit mati. Sehingga kondisi tersebut akan mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru yang lebih sehat dan mencegah munculnya bekas luka. Selain itu, cuka sari apel juga dapat menyeimbangkan pH kulit Anda sehingga lebih seimbang dan terkontrol.

Campurkan cuka sari apel dan air dengan jumlah yang sama, lalu celupkan kapas ke dalamnya. Lalu tempelkan kapas tersebut pada bekas luka dan biarkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air biasa. Anda juga dapat menambahkan madu untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal. Lakukan setidaknya satu kali sehari dengan rutin dan konsisten.

7. Cocoa Butter

Cocoa butter adalah pelembab alami yang sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit. Selain itu juga mampu membantu menghilangkan berbagai macam bekas luka. Cocoa butter mampu meresap jauh ke dalam lapisan kulit dan memberikan kelembaban lebih lama pada bekas luka. Hal ini akan mendorong tumbuhnya jaringan kulit baru pada kulit yang rusak. Selain itu, vitamin E dalamnya juga membantu memperbaiki tekstur kulit.

Oleskan sesendok cocoa butter murni pada bekas luka sambil berikan pijatan lembut dengan gerakan melingkar. Diamkan swlam semalaman dan bersihkan keesokan paginya dengan air hangat. Ulangi setiap hari hingga bekas luka memudar dan akhirnya menghilang.

8. Madu

Madu merupakan pelembab alami, karenanya sangat efektif menjadikannya sebagai bahan lami untuk menghilangkan bekas luka. Dengan begitu akan mencegah sel-sel kulit mati menumpuk di wajah dan merangsang regenerasi jaringan kulit.

Oleskan madu pada bekas luka, kemudian tutup dengan perban dan biarkan semalaman. Keesokan paginya, basuhlah wajah dengan air hangat. Ulangi kegiatan ini setiap hari sebelum berangkat tidur. Selain itu Anda juga dapat mencampurkan madu dan gula pasir sebagai scrub atau masker. Dan gunakan untuk men-scrub kulit yang memiliki bekas luka, lakukan seminggu dua kali jangan terlalu sering. Sebab dapat membuat kulit luka dan iritasi.

Demikian 8 cara menghilangkan bekas luka di wajah secara alami. Cara alami dipilih agar memberikan manfaat ganda, selain merawat kulit tapi juga sekaligus menutrisinya. Jika bekas luka yang Anda miliki tergolong berat maka konsultasikan segera pada ahli kulit, untuk mendapat tindakan yang tepat. Semoga bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.