Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

7 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Permanen, Cepat Dan Alami

Bulu yang tumbuh di ketiak sebetulnya memiliki manfaat yang tak bisa dianggap remeh, misalnya saja melindungi kulit ketiak dari bakteri, gesekan antara kulit sehingga tetap aman. Meskipun demikian, memiliki bulu yang tumbuh subur di ketiak bagi seorang wanita bisa jadi mala petaka yang akan meruntuhkan kepercayaan dirinya.

Cara Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Bahan Rumahan

Banyak hal dilakukan untuk menghilangkan bulu ketiak, termasuk pergi ke salon dengan biaya tentunya tidaklah murah. Jika Anda termasuk salah satunya, berikut rekomendasi cara menghilangkan bulu ketiak yang alami dan aman di kulit.

1. Pepaya Mentah dan Kunyit

Pepaya bukan hanya sekedar buah tropis yang manis, di dalamnya terkandung banyak nutrisi seperti vitamin dan mineral yang sangat luar biasa. Termasuk enzim papainnya yang selain dapat membantu mencerahkan kulit juga dapat merusak folikel rambut. Sehingga mampu memperlambat bulu ketiak tumbuh kembali dalam waktu dekat.

Selain itu kandunan anti oksidannya juga mampu membuat kulit di area ketiak jadi lebih lembut. Berikut cara memanfaatkannya.

  • Pilih pepaya yang masih muda dengan daging yang masih agak keras, bersihkan lalu kupas dan potong kecil-kecil kemudian tumbuk kasar. Gunakan seperempat bagian saja.
  • Parut juga dua ruas kunyit yang sudah dibersihkan sebelumnya.
  • Campur dua bahan tersebut menjadi satu hingga tercampur rata. Kemudian oleskan ke area ketiak Anda sambil digosok-gosok perlahan hinggga merata.
  • Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan mmengunakan air hangat.

Biasanya kunyit akan meninggalkan bekas warna kuning di kulit, tapi tak perlu khawatir karena akan menghilang dengan sendirinya. Untuk hasil yang lebih maksimal setidaknya lakukan scrubbing dengan bahan tersebut dua kali dalam seminggu.

2. Gula, Lemon dan Madu

Pernahkah Anda memperhatikan ketika gula dipanaskan bentuknya akan berubah menjadi kental seperti lilin atau wax? Nah, mencampurkan gula dan madu bisa digunakan sebagai alternatif alami dan murah saat ingin melakukan waxing.

Tambahan air perasan lemon membantu mengurangi warna gelap di area ketiak. Untuk menggunakan wax dari gula dan madu, sebaiknya jangan tunggu sampai bulu ketiak menjadi panjang karena hasilnya jadi kurang sempurna. Berikut cara membuat wax alami dari gula dan madu untuk menghilangkan bulu ketiak.

  • Campurkan gula pasir, madu dan lemon dengan takaran yang sama yaitu satu sendok makan, kemudian panaskan bahan tersebut diatas uap air yang mendidih jangan gunakan api langsung karena dapat membuatnya gosong.
  • Jika terlalu kental Anda bisa menambahkan air hangat, tapi kalau terlalu encer tambahkan tepung maizena untuk mengentalkannya.
  • Sebelum mengoleskan cairan wax dari gula dan madu, oleskan lebih dulu tepung maizena di kulit ketiak. Supaya kulit tak terkena panas langsung dari wax tersebut.
  • Lalu ambil sebagian cairan wax tersebut dengan spatula dan oleskan ke area ketiak yang ingin dibersikan bulunya. Lalu tempelkan kain tipis di atasnya dan diamkan hingga cairan wax mongering dan keras.
  • Kemudian tarik kain tersebut satu arah dengan cepat, cara kerjanya mirip dengan wax pada umumnya tapi engunakan bahan yang alami sehingga meminimalkan adanya iritasi.

3. Lemon dan Gula

Cara yang selanjutnya ini lebih mudah dan simpel tanpa harus membuatnya jadi semacam wax. Anda hanya perlu lemon dan gula pasir saja untuk menghilangkan bulu di ketiak yang mengganggu. Selain dapat mencerahkan kulit, kandungan asam citrus dalam lemon ternyata dapat merusak dan mengganggu pertumbuhan rambut termasuk rambut yang tumbuh di ketiak.

Selain itu kandungan vitamin C yang tak kalah tinggi membuat kulit juga ternutrisi dengan baik sehingg merangsang produksi kolagen dan elastin. Karenanya ini bisa jadi cara terbaik untuk menghilangkan bulu ketiak sekaligus membuatnya jadi lebih halus. Berikut cara memanfaatkannya.

  • Peras 1 buah lemon untuk diambil airnya, lalu tambahkan dua sendok gula pasir dan tambahkan air hangat.
  • Aduk rata hingga gula larut dan kedua bahan tercampur rata menjadi satu.
  • Lalu oleskan ke area ketiak yang ditumbuhi bulu, diamkan selama 20 menit hingga mengering.
  • Sebelum dibilas basahi dulu dengan air hangat agar tidak kaku, lalu gosok perlahan seperti scrubbing.
  • Hal ini akan membantu mengangkat sel kulit mati ddan membuat kandungan lemon meresap ke folikel rambut.
  • Ulangi penggunannya setidaknya dua hingga tiga kali seminggu, dan Andda akan mendapati bulu ketiak

beruba warna dan mengering kemudian rontok. Dan setelah pemakaian beberapa minggu pertumbuhan bulu di ketiak akan menurun sedikit demi sedikit.

4. Telur dan Tepung Maizena

Putih telur dikenal luas sebagai bahan masker yang sangat bagus, efek kaku dan keras seperti wax ketika mengering membuatnya jadi bahan yang cocok untuk membantu menghilangkan bulu- bulu yang tak diinginkan.

Tak hanya menutrisi kulit, masker dari telur pun juga mempermudah bulu supaya tercabut. Anda dapat menambahkan tepung maizena untuk membuatnya sedikit lebih kental agar mampu mengangkat bulu yan membandel. Berikut cara memanfaatkannya.

  • Pecahkan sebutir telur dan ambil bagian putihnya saja, tambahkan dengan satu sendok teh tepung maizena dan sedikit gula pasir.
  • Campur semua bahan menjadi satu dan berbentuk seperti pasta yang kental.
  • Lalu oleskan pada kulit yang ditumbuhi bulu diamkan selama 25 menit atau ssampai benar-benar kering.
  • Lalu kelupas lapisan yang mengering dan tarik hingga bulu-bulu ketiak ikut terangkat.

5. Kunyit dan Minyak Wijen

Kunyit merupakan rempah yang dikenal luas akan manfaatnya yang tak hanya untuk bumbu masakan tetapi juga sebagi tanaman obat yang berkhasiat. Kunyit mengandung senyawa curcumin yang dikenal sebagai antioksidan yang memiliki banyak manfaat menyehatkan.

Salah satunya seperti mengurangi peradangan, melawan bakteri dengan meningkatkan imun tubuh serta menjaga kulit tetap sehat. Bagusnya lagi, ternyata kunyit juga mampu menekan pertumbuhan rambut yang tak dinginkan. Berikut cara memanfaatkannya.

  • Campurkan bubuk kunyit dan gram flour masing-masing satu sendok makan.
  • Aduk bahan tersebut sambil menuangkan minyak wijen kedalamnya dan semua bahan tercampur rata menjadi seperti pasta yang kental.
  • Oleskan campuran tersebut ke area yang diinginkan, lalu diamkan hingga mengering atau selama 30 menit.
  • Sebelum dibilas, basahi dulu dengan air hangat lalu gosoklah perlahan seperti sedang melakukan scrubing selama 10 menit, baru kemudian bilas hingga bersih.

6. Kunyit dan Air Mawar

Jika anda sulit menemukan gram flour, maka Ana apat menggantinya dengan air bungga mawar untuk membantu menghilangkan bulu ketiak. Air mawar dan kunyit bisa jadi perpaduan yang sempurna sebagai penghilang bulu secara alami. Karena kedua bahan tersebut memiliki banyak manfaat yang baik untuk kulit. Berikut cara memanfaatkannya.

  • Parut kunyit seukuran ibu jari lalu tambahkan air bunga mawar dan aduk hingga tercampur semua.
  • Oleskan bahan tersebut dengan jari Anda di kulit yang ditumbuhi bulu tak diinginkan. Biarkan mengering selama 15 sampai 20 menit.
  • Baru kemudian bilas sambil digosok lembut hingga bersih.

7. Lemon dan Kapur sirih

Lemon kaya kandungan vitamin C sedangkan kapur sirih mengandung senyawa karkavol , kadinen, kavinol, dan senyawa samak yang berkhasiat untuk kecantikan dan juga kesehataan. Jika keduanya dikombinasikan ternyata dapat membantu menghilangkan bulu ketiak sekaligus ,mencerakan area ketiak yang menghitam, lho. Berikut cara memanfaatkannya.

  • Campurkan 1 sendok makan kapur sirih dan air perasan lemon, aduk merata hingga berbentuk pasta.
  • Lalu oleskan ke area ketiak yang sudah dibersihkan sebelumnya, diamkan hingga mengering setiaknya selama 30 menit.
  • Bilas hingga bersih dengan menggunakan air hangat.

Demikian 7 cara menghilangkan bulu ketiak dengan bahan alami yang ada di rumah. Bahan alami dipilih karena manfaatnya yang ganda sekaligus tidak memiliki efek samping berbahaya sebagaimana yang ditimbulkan bahan-bahan kimia. Selain itu bahan alami tersebut juga mudah ditemukan disekitar rumah jadi lebih hemat waktu dan juga uang. Semoga bermafaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.