Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Menghilangkan Kutil Di Leher Dengan Cepat, Ampuh Dan Alami

Kutil merupakan kondisi gangguan kulit dimana terjadi penebalan yang berlebihan pada kulit karena adanya produksi keratin dan protein yang berlebih. Biasanya kondisi tersebut terjadi akibat adanya infeksi virus, dan umumnya virus ini berasal dari HPV atau Human Papillomavirus. Meskipun tidak berbahaya namun kutil jenis ini biasanya bisa menular dan menimbulkan ketidaknyamanan.

Penularannya biasanya terjadi karena ada kontak langsung dengan pembawa virus atau benda-benda yang digunakan tidak higienis. Selain itu sistem kekebalan tubuh yang rendah juga dapat mengakibatkan munculnya kutil jenis ini di tubuh termasuk di leher.

Ada setidaknya 5 jenis kutil berbeda tergantung dari bentuk dan letak penyebarannya. Berikut diantaranya.

  • Kutil umum atau common wart, biasanya muncul di jari-jari tangan dan lutut dengan ukuran yang berbeda-beda.
  • Kutil pipih atau flat warts, biasanya berbentuk pipih atau datar seperti namanya dan berwarna kuning, cokelat atau bahkan kemerahan. Umumnya sering terlihat ada di wajah, lengan dan kaki.
  • Kutil periungual atau periungual warts biasanya sering tumbuh di sekitar jari-jari baik di tangan maupun kaki.
  • Kutil filiform atau filliform warts, bentuknya memanjang dan biasanya tumbuh di sekitar leher, mata, wajah dan ketiak.
  • Kutil plantar atau plantar warts biasanya muncul di telapak kaki dan menimbulkan rasa sakit jika berjalan dan lebih dikenal dengan sebutan “mata ikan”.

Cara Menghilangkan Kutil di Leher secara Alami

Biasanya kutil akan hilang dengan sendirinya, namun terkadang karena berbagai faktor kutil dapat berubah menjadi keras dan sulit dihilangkan. Beberapa tindakan medis seperti couterization, cryosurgery, dan juga tindakan eksisi bisa dilakukan untuk menghilangkan kutil di leher.

Namun tindakan tersebut tidak bisa menjamin jika kutil tak akan kembali lagi, selain itu ada beragam efek samping yang bisa saja muncul dari tindakan tersebut. Sebetulnya ada cara yang lebih aman dan alami hampir tanpa efek samping yang bisa digunakan untuk menghilangkan kutil di leher. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Pertama dan paling penting ialah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Seperti yang diketahui kutil muncul karena disebabkan oleh infeksi virus. Terutama ketika tubuh sedang sakit, lelah, kurang nutrisi dan juga stres. Jadi salah satu cara terbaik untuk menyingkirkannya ialah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawannya infeksi tersebut dari dalam.

Karenanya selalu Pastikan bahwa tubuh Anda cukup istirahat dan olahraga teratur ditambah lagi dengan mengkonsumsi makanan kaya nutrisi. Seperti makanan kaya vitamin dan mineral juga zat besi, yang biasanya banyak ditemukan pada buah dan sayuran hijau.

2. Hentikan penyebarannya

Tidak hanya dapat berpindah ke orang lain, kutil bahkan juga bisa berpindah ke seluruh tubuh Anda sendiri. Hal ini terjadi karena ada kontak langsung seperti sehabis menggaruk kutil tersebut kemudian tangan Anda menyentuh bagian lain di tubuh. Jika dibiarkan, maka sekujur tubuh akan dipenuhi kutil, yang tadinya hanya ada di leher saja.

Mengerikan bukan? Karenanya penting sekali untuk melakukan pencegahan agar tidak menyebar baik pada diri sendiri maupun pada orang lain. Jangan menyentuhnya apalagi menggaruknya, biarkan saja begitu. Atau Anda dapat menutupnya dengan plester agar tak

3. Gunakan Nanas

Anda dapat menggunakan nanas segar sebagai cara menghilangkan kutil di leher secara alami. Nanas merupakan salah satu buah yang kaya vitamin C serta mineral yang penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu nanas juga mengandung enzim bromelain yang mampu memecah dan menguraikan protein pada lapisan kutil sehingga dapat hilang secara alami.

Untuk memanfaatkannya ambil satu buah nanas lalu kupas dan bersihkan kulit luarnya. Lalu potong nanas menjadi bagian yang kecil, kemudian gosokan potongan nanas segar tersebut ke area yang terdapat kutil. Lalu tutup dengan plester atau lakban diamkan selama semalaman baru kemudian bilas keesokan harinya.

4. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang memiliki sifat anti biotik. Sehingga mengkonsumsinya secara langsung dapat membantu tubuh melawan kutil. Selain itu juga dapat menghilangkan kutil di leher secara alami karena sifat antibiotiknya tersebut. Bahkan menurut penelitian, ekstrak dari bawang putih dapat mengatasi kutil dan menghilangkannya tanpa membuatnya kambuh kembali. Ini karena adanya senyawa sulfur yang ditemukan di dalam bawang putih sehingga mampu menghancurkan kutil yang bersarang di leher.

Untuk memanfaatkannya Anda dapat melumatkan beberapa siung bawang putih kemudian berikan beberapa tetes air aduk hingga berbentuk seperti pasta. Kemudian tempelkan pasta tersebut ke area yang dipenuhi atau memiliki kutil seperti di leher misalnya. Jangan lupa untuk meletakkan plester atau lakban di atasnya. Anda dapat mengoleskannya kembali beberapa kali sehari hingga kutil di leher tidak tersisa.

5. Baking soda

Baking soda sudah bukan sesuatu yang asing di kehidupan sehari-hari, biasa digunakan sebagai pengembang roti atau kue. Nyatanya baking soda pun dapat digunakan untuk menghilangkan kutil di leher. Hal ini karena di dalam baking soda terdapat sifat anti inflamasi sekaligus antiseptik yang dapat melawan infeksi virus yang menyebabkan munculnya jamur. Selain itu kandungan astringent alaminya membuat kutil terlepas dari kulit secara alami sekaligus juga sebagai eksfoliator alami yang akan mengangkat sel-sel kulit mati.

Untuk memanfaatkannya, Anda dapat mencampurkan baking soda dan air atau bisa juga diganti dengan minyak jarak. Aduk bahan tersebut hingga tercampur menjadi satu, lalu oleskan ke kutil yang ada di leher kemudian berikan plester di area tersebut. Lakukan secara rutin setiap hari hingga kutil rontok dengan sendirinya.

6. Gunakan Vitamin Tablet

Anda dapat menggunakan tablet vitamin untuk membantu menyingkirkan kutil di leher. Misalnya saja vitamin C dan E Anda dapat memilihnya dan menggunakannya sesuai kebutuhan. Pertama Anda bisa menggerus tablet vitamin C hingga lembut kemudian campurkan dengan air, aduk hingga seperti berbentuk pasta. Oleskan ke kutil dan tutup dengan perban. Anda juga dapat mencoba vitamin E — memecahkan kapsul, menggosok kutil, dan menutupinya.

Vitamin E biasanya berupa minyak, Anda dapat mengoleskannya ke kutil baru gunakan plester atau perban di atasnya.

7. Kombinasikan Lidah Buaya dan Lemon

Perpaduan antara lidah buaya dan lemon sangat baik untuk mengatasi masalah kutil secara alami. Jika tak punya tanaman lidah buaya di rumah Anda dapat membeli gel ekstrak lidah buaya di apotek.

Cara memanfaatkannya pertama kupas bagian luar batang lidah buaya dan ambil gel di dalamnya. Kemudian peras dan ambil sari buah lemon legar, campurkan keduanya lalu gunakan untuk scrub di bagian kutil beberapa kali sehari. Kemudian tutup bagian yang berkutil dengan lakban atau plester.

Lidah buaya mengandung asam malat, dan lemon mengandung asam citrus. Dan menurut penelitian, keduanya merupakan kombinasi yang luar biasa yang bekerja cukup efektif untuk menghilangkan kutil di leher secara alami.

8. Tea Tree Oil

Minyak pohon teh atau populer dengan sebutan tea tree oil merupakan bahan alami yang juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutil di leher. Kandungan anti bakteri dan anti inflamasinya mampu melawan virus yang menyebabkan tumbuhnya kutil di tubuh termasuk leher.

Anda dapat langsung mengoleskannya ke area kutil dan memijatnya sebentar sebelum menutupnya dengan plester atau lakban. Lakukan setiap hari secara rutin hingga kutil di leher menghilang. Anda juga dapat menambahkannya dengan bubuk cengkeh agar lebih ampuh lagi menghilangkan kutil tersebut.

9. Propolis

Propolis merupakan lem lebah yang dikumpulkan oleh lebah madu untuk membuat sarangnya, di dalamnya mengandung zat resin. Zat tersebut memiliki sifat anti jamur, anti virus, anti bakteri serta anti inflamasi yang sangat baik untuk menekan tumbuhnya virus yang menyebabkan kutil. Tak hanya untuk obat luar saja, tetapi propolis juga bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan infeksi virus dari dalam.

Anda dapat membeli propolis di toko obat atau apotek. Langsung saja oleskan ke atas kutil yang sudah dibersihkan dengan alkohol sebelumnya. Oleskan merata lalu tutupi dengan kapas kemudian berikan plester atau lakban untuk membuatnya kedap udara. Lakukan setidaknya pagi dan sore menjelang tidur secara rutin hingga kutil benar-benar hilang.

10. Aspirin

Aspirin dikenal sebagai obat yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit, menurunkan demam dan juga mengatasi peradangan. Biasa dikonsumsi untuk penderita penyakit jantung dan stroke, ternyata aspirin juga dapat menghilangkan kutil. Tetapi bukan untuk diminum melainkan diletakan di atas kutil, hal ini akan membantu mengurangi infeksi kutil akibat virus yang menyerang.

Caranya gampang, ambil satu butir aspirin lalu gerus hingga lembut kemudian tambahkan air. Campur rata agar berbentuk seperti pasta, lalu oleskan merata di bagian kulit leher yang memiliki kutil. Tutup dengan kapas dan lanjutkan dengan menutupinya dengan plester atau lakban. Lakukan dua kali sehari, pagi dan sore secara rutin.

Demikian 10 cara menghilangkan kutil di leher secara alami dengan bahan rumahan. Perlu ingat, pengobatan sendiri di rumah hanya untuk kutil yang ukurannya kecil. Jika kutil berukuran besar maka Anda perlu berkonsultasi pada ahlinya untuk mendapat perawatan yang lebih tepat. Semoga bermanfaat.

Pencarian:

  • cara menghilangkan kutil di leher
  • obat kutil di leher
  • cara menghilangkan kutil di leher dengan lidah buaya
  • cara menghilangkan kutil di leher secara alami
  • cara menghilangkan kuti dileher
  • cara menghilangkan kutil di leher dengan alami
  • Cara alami menghilangkan kutil di leher
  • cara ampuh menghilangkan kutil pada leher
  • cara mengatasi kutil di leher
  • Cara menghilangkan kuti
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.