Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Menghilangkan Selulit Dan Stretch Mark Dengan Cepat Dan Ampuh

 

Selulit merupakan masalah yang dihadapi oleh banyak wanita, dan karena kehadirannya bisa membuat penampilan menjadi kurang menarik. Bentuk selulit yang berlekuk-lekuk (dimple) membuat kulit tampak bergelombang dan tidak lagi mulus.

Biasanya selulit paling sering muncul di paha, tetapi bisa juga di bagian tubuh yang lain seperti kaki, pantat atau perut. Selulit muncul karena adanya lemak yang muncul di bawah kulit dan menekan jaringan ikat sehingga membuatnya tampak bergelobang.

Cara Menghilangkan Selulit Secara Alami Dan Mudah

Ukuran selulit akan bertambah besar seiring lemak yang tersimpan di bawah kulit. Tak peduli berapapun berat badan Anda selulit akan tetap muncul, dan menciptakan kekacauan. Menghilangkan selulit memang tidak mudah, tetapi bukan berarti mustahil. Ingin tahu bagaimana cara menghilangkan selulit? Simak ulasannya berikut ini.

1. Dry Brushing

Dry brushing merupakan salah satu cara paling sederhana untuk menghilangkan selulit di tubuh Anda. Meskipun belum ada penelitian yang mendukung, tetapi efek dari dry brushing mampu meningkatkan sirkulasi darah.

Sebab gerakan menyikat dengan dry brushing, mampu menstimulasi jaringan yang ada di bawah kulit yang berhubungan dengan pembuluh darah kapiler sehingga meningkatkan peredaran darah ke jantung. Dengan meningkatnya aliran darah ke jaringan kulit akan membuat lemak tak lagi menummpuk di bawah kulit, sehingga mengurangi munculnya selulit.

Sebelum memulainya, pastikan jika kulit dan sikat yang Anda gunakan dalam keadaan kering dan juga bersih. Lalu sikat bagian tubuh Anda yang memiliki selulit dengan lembut. Lakukan gerakan menyikat dari arah kiri ke kanan, supaya meningkatkan sirkulasi darah ke jantung.

Lakukan gerakan tersebut selama lima menit, setiap hari dengan rutin dan konsisten agar selulit yang membandel pergi sejauh mungkin dari tubuh Anda. Pastikan untuk menggunakan sikat yang terbuat dengan serat alami bukan sintetis agar lebih aman dan tidak menimbulkan iritasi.

2. Cabe Cayyene

Cabai cayyene merupakan makanan pembakar lemak yang cukup efektif. Cabai tersebut memiliki kemampuan untuk meningkatkan suhu tubuh secara alami, meningkatkan sirkulasi darah dan juga meningkatkan metabolisme. Ditambah lagi, juga dapat membantu menyingkirkan sel-sel kulit yang mati dan menggantinya dengan sel-sel baru yang lebih sehat.

Mengkonsumsi cabai cayyene secara teratur tak hanya dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh tetapi juga mengurangi munculnya selulit terutama di bagian paha. Anda dapat mengkonsumsi cabai cayenne segar atau kering, keduanya memiliki manfaat yang setara.

Campurkan cabe cayenne bubuk, jahe parut dan air perasan jeruk lemon dalam segelas air hangat, lalu aduk rata. Minum campuran air tersebut satu atau dua kali sehari selama satu atau dua bulan, dan lihat manfaatnya. Karena bahan yang digunakan alami jadi jangan berpikir akan hasil yang instan, semuanya tentu membutuhkan prosess.

3. Bubuk Kopi

Kopi tak hanya memberikan efek segar ketika meminumnya, tetapi juga dapat digunakan untuk mengatasi selulit. Bukan minuman kopinya, tapi bubuk kopinya yang masih kasar dapat digunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi sel-sel baru. Selain itu, minum kopi juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Campurkan bubuk kopi kasar, gula pasir dan minyak kelapa murni, aduk merata hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan campuran bubuk kopi tersebut ke area yang terdapat selulit, seperti di bagian paha misalnya. Sambil berikan pijatan dengan sedikit tekanan di area tersebut. Lakukan dua hingga tiga kali seminggu, sampai hasilnya terlihat.

Atau, Anda juga dapat menyeduh kopi dan minyak zaitun bersamaan lalu panaskan dalam microwave selama 20 detik. Lalu oleskan secara merata pada bagian yang memiliki selulit lalu bunkus denan plasstik wrap dan biarkan selama 30 menit. Ini akan memberikan efek panas seperti sedang sauna dan membuat sari kopi dan minyak zaitun meresap ke dalam kulit dan membakar lemak di dalamnya. Setelah 30 menit buka plastic wrap tersebut kemudian bilas hingga bersih, lakukan dua kali seminggu agar hasilnya maksimal.

4. Minyak Juniper

Minyak juniper berasal dari daun dan buah tumbuhan bernama juniperus osteosperma serta Juniperus scopulorus, dikenal juga dengan sebutan Juniper berry esenssial oil. Tanaman ini banyak ditemukan di daratan Eropa dan sering dimanfaatkan sebagai obat herbal. Hal ini karena sifat detoksifikasinya dapat membantu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh, sehingga secara efektif untuk mengurangi selulit.

Campurkan 10 atau 15 tetes minyak juniper dan minyak zaitun, gunakan campuran tersebut untuk memijat di area yang terdapat selulit selama kurang lebih 10 menit. Lakukan dua kali sehari dengan rutin, Anda akan melihat perubahannya sedikit demi sedikit jika Anda konsisten.

5. Rumput laut

Rumput laut tak cuma enak dimakan tetapi ternyata mengandung eksfoliator alami. Selain itu, rumput laut juga menstimulasi sirkulasi darah, memperbaiki tekstur kulit serta mengeluarkan racun berbahaya dari dalam tubuh. Dan karena manfaatnya tersebut sehingga mampu membantu mengurangi munculnya selulit di beberapa bagian tubuh.

Campurkan rumput laut segar lalu garam laut dan minyak zaitun murni, aduk supaya tercampur rata. Oleskan campuran tersebut di area selulit dan berikan pijatan lebut lalu diamkan selama 10 mmenit, kemudian mandilah untuk membersihkannya.

6. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memang sangat luar biasa, manfaatnya bahkan begitu mengagumkan terutama untuk membantu menghilangkan selulit. Di dalamnya banyak terkandung mineral, kalium, magnesium dan kalsium yang berperan penting dalam membuang racun dan kelebihan cairan di sekitar paha dan perut.

Sehingga mengurangi selulit yang banyak muncul di balik kulit. Ditambah lagi, cuka sari apel juga dapat membantu mengurangi lemak di tubuh yang secara tidak langsung akan mengurangi selulit.

Campur cuka sari apel dan air dengan takaran 1:2, Anda juga dapat menambahkan madu. Campur merata lalu gosokkan larutan tersebut ke area yang terdapat selulit. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan dua kali sehari agar hasilnya maksimal.

7. Green Clay

Green clay atau french clay merupakan tanah liat yang kaya mineral dan manfaat baik. Tanah liat tersebut memiliki kemampuan untuk merangsang sirkulasi darah, mengangkat sel kulit mati, menyerap kotoran dan minyak, hingga memperbaiki dan memperkuat jaringan ikat. Karenanya, green clay sangat efektif untuk menghalau munculnya selulit.

Campurkan setengah cup green clay, setengah cup rumput laut, tiga sendok air perasan jeruk nipis, setenga cup madu dan tiga sendok air panas. Aduk semua bahan hingga tercampur dengan rata. Lalu gosokkan campuran tersebut ke area yang terdapat selulit dengan gerakan melingkar.

Kemudian tutup dengan plastik wrap. Diamkan selama 30 menit, lalu lepaskan plastik tersebut kemudian bersihkan dengan air hangat. Ulangi penggunaannya 3 sampai 4 kali semingu agar hasilnya semakin maksimmal.

8. Salmon

Salmon kaya akan antioksidan, yang mampu membantu memecah sel-sel lemak di lapisan kulit yang membentuk selulit. Ditambah lagi dengan kandungan asam lemak omega-3 yang ada di dalamnya sangat bagus untuk pembentukan jaringan halus dan kulit.

Selain itu asam lemak Omega-3 juga mengurangi nafsu makan dan mengurangi peradangan, serta memperbaiki dan memperkuat jaringan kulit. Sehingga mengurangi adanya penumpukan racun berbahaya di pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi peredaran darah.

Konsumsilah empat hingga lima porsi salmon setiap minggunya. Untuk menghilangkan selulit masaklah salmon dengan di panggang atau steam tetapi jangan di goreng agar nutrisinya tidak hilang.

9. Tangerine Oil

Tangerine oil atau citru retingulata merupakan minyak essential yang terbuat dari jeruk keprok. Minyak tersebut memiliki efek yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menghancurkan lemak dan selulit. Minyak esensial ini juga berperan sebagai detoks yang akan mengeluarkan racun yang tersimpan di dalam tubuh.

Campurkan lima tetes tangerine oil dan satu sendok makan minyak zaitun. Kemudian osokkan campuran tersebut pada selulit yang ada di tubuh Anda dengan gerakan memutar sselama 10 hingga 15 menit. Saat menggunakan minyak tersebut, sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung setidaknya selama satu jam setelah menggunakannya.

Ulangi penggunaannya dua kali sehari selama beberapa minggu untuk membantu menghilangkan selulit lebih maksimal. Anda juga dapat mengonsumsi minyak ini secara langsung untuk mengilangkan selulit sekaligus meningkatkan metabolisme Anda. Tambahkan dua atau tiga tetes tangerine oil ke dalam segelas air hangat. Lalu minumlah satu kali sehari sampai terlihat hasilnya.

10. Minum Air Putih

Selulit yang ada di balik jaringan kulit yang di dalamnya penuh dengan tumpukan racun yang terakumulasi selama bertahun-tahun di tubuh Anda. Minum air putih merupakan cara terbaik untuk membuang racun dari tubuh. Hal tersebut akan menjaga tubuh terhidrasi dengan baik, sehingga membuat kulit menjadi lebih sehat.

Minum setidaknya 8 gelas air setiap hari agar kebutuhan air tubuh tercukupi dengan baik. Minumlah segelas air di pagi hari sebelum Anda mulai mengkonsumsi makanan atau minuman lainnya. Tambahkan perasan lemon untuk memberikan rasa.

Anda juga dapat mengkonsumsi buah-buahan yang kaya kandungan air, seperti melon, semangka, jeruk, mentimun ddan banyak lagi yang lainnya untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Demikian 10 cara menghilangkan selulit yang bisa jadi alternatif pilihhan daripada menggunakan obat-obatan kimia yang memiliki efek samping berbahaya. Memiliki tubuh indah tanpa selulit memang bukan hal yang mudah, karenanya jagalah selalu dengan gaya hidup sehat dan olah raga yang rutin. Semoga bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.