Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Mengobati Gigi Berlubang Parah Dengan Bahan Alami Dan Ampuh

Masalah gigi berlubang sepertinya bukan hanya masalah satu orang saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa banyak orang yang mengalaminya. Hal ini terjadi karena adanya infeksi bakteri gigi yang menyebabkan demineralisasi dan merusak jaringan keras pada gigi.

Banyak hal yang menjadi faktor penyebab gigi berlubang, misalnya karena makanan yang tertinggal di gigi, kurangnya fluoride, kebersihan gigi dan mulut yang kurang dan banyak lagi masalah lainnya. Cara mengobati gigi berlubang yang pertama ialah dengan melakukan pencegahan, yakni dengan merawatnya dan membersihkannya dengan sikat gigi pagi dan sebelum tidur malam.

Cara Mengobati Gigi Berlubang Dengan Ampuh

Selain itu ada beberapa cara alami yang dapat membantu mengobati gigi berlubang serta untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara menyeluruh. Ingin tahu bagaimana cara mengobati gigi berlubang secara alami? Simak ulasannya berikut ini.

1. Cengkeh

Cengkeh tak cuma rempah-rempah biasa yang sering digunakan untuk bumbu masakan tradisional. Ini karena sifat anti-inflamasi, analgesik dan antibakteri yang dimilikinya membuat cengkeh dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi sekaligus mengobati gigi berlubang.

Berikut cara memanfaatkannya:

  • Campurkan 2 hingga 3 tetes minyak cengkeh dan 1 sdt minyak wijen. Teteskan campuran minyak tersebut pada bola kapas lalu tempelkan pada gigi yang berlubang. Lakukan setiap malam sebelum tidur.
  • Anda juga mengunyah cengkeh secara langsung, dan letakan kunyahan cenkeh tersebut di bawah lidah dan biarkan selama beberapa menit. Lalu buang kunyahan tersebut dan kumur dengan air hangat.

2. Garam

Memiliki sifat antiseptik dan antibakteri, membuat garam juga dapat digunakan untuk mengobati gigi berlubang. Selain itu juga dapat mengurangi rasa sakit, meredakan peradangan pada gigi, mencegah infeksi sekaligus mencegah tumbuhnya bakteri merugikan di mulut.

Berikut cara memanfaatkannya:

  • Larutkan 1 sdt garam dalam segelas air hangat. Lalu gunakan untuk berkumur selama 1 menitan. Lakukan 3 sampai 4 kali sehari hingga rasa sakit berkurang.
  • Anda juga dapat mencampurkan 1 sdt garam dan air perasan lemon hingga berbentuk seperti pasta. Kemudian oleskan pada gigi yang berlubang dan diamkan selama beberapa menit, lalu kumurlah dengan air hangat. Ulangi setidaknya dua kali sehari secara rutin agar bakteri di mulut berkurang

3. Oil Pulling

Oil pulling merupakan teknik kuno ayurveda yang dapat digunakan mengobati gigi berlubang, gusi berdarah hingga masalah bau mulut. Teknik ini membantu membersihkan mulut dari bakteri merugikan yang menyebabkan berbagai masalah gigi.

Berikut cara memanfaatkannya.

  • Ambil 1 sdm minyak wijen dan masukan ke dalam mulut, jangan ditelan tapi digunakan untuk berkumur setidaknya sekitar 20 menit.
  • Lalu muntahkan, kemudian bilas dengan berkumur air garam hangat, agar mendapatkan manfaatnya untuk menyingkirkan bakteri jahat yang merugikan gigi.
  • Kemudian lanjutkan dengan sikat gigi seperti biasa. Dan lakukan setiap hari di pagi hari, ketika perut masih kosong. Anda juga dapat menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun.

4. Bawang putih

Kaya akan antibakteri serta sifat antibiotik, bawang putih sering direkomendasikan untuk mengatasi masalah gigi termasuk gigi berlubang. Selain itu juga dapat meredakan rasa sakit gigi, mengurangi radang gusi dan menyehatkan gigi.

Berikut cara mengobati gigi berlubang dengan memanfaatkan bawang putih.

  • Tumbuk halus 3 hingga 4 siung bawang putih, tambahkan garam dapur secukupnya.
  • Lalu oleskan pada gigi yang berlubang, biarkan selama 10 menit dilanjutkan dengan berkumur menggunakan obat kumur.
  • Lakukan dua kali sehari secara rutin untuk mengurangi rasa sakit karena gigi berlubang.

5. Licorice

Menurut penelitian, akar licorice dapat membantu menjaga kesehatan gigi. Di dalam akar licorice kering, terdapat dua senyawa antibakteri yang sangat efektif mengobati gigi berlubang. Yakni, licoricidin dan licorisoflavan A, yang dapat membantu mencegah tumbuhnya bakteri penyebab lubang gigi.

Ditambah lagi, ekstrak akar licorice juga dapat menyingkirkan plak pada gigi. Gunakan akar licorice bubuk untuk menyikat gigi secara teratur. Anda juga dapat menggunakan soft stick dari akar licorice seperti sikat gigi untuk menyikat gigi setiap hari.

6. Kunyit

Dalam teknik pengobatan Ayurveda, kunyit sering dimanfaatkan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Ini karena sifat antibakteri serta anti-inflamasi alaminya, yang mampu menjaga kesehatan gusi dan mencegah kerusakan gigi yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Berikut cara memanfaatkannya:

  • Oleskan kunyit bubuk pada gigi yang berlubang. diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air hangat.
  • Anda juga dapat mencampur 1 sdt kunyit bubuk dengan minyak mustard secukupnya, lalu gunakan untuk memijat gusi dan gigi. Diamkan selama 10 menit lalu bersihkan. Lakukan setiap hari sekali sampai rasa sakit mereda.

7. Daun Neem

Daun intaran atau daun neem yang juga dikenal sebagai Indian lilac, merupakan tanaman herbal yang juga dapat digunakan untuk mengobati gigi berlubang. Daun tersebut memiliki sifat antibakteri yang dapat dengan mudah menyingkirkan bakteri penyebab lubang pada gigi. Ditambah lagi, daun tersebut juga mampu menjaga gigi dan gusi tetap sehat dan kuat.

Berikut cara memanfaatkannya:

  • Ambil beberapa helai daun intaran lalu tumbuk hingga halus, kemudian gosokkan daun yang sudah dihaluskan tersebut pada gigi yang berlubang. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat. Lanjutkan pemakaiannya 1 atau 2 kali sehari hingga rasa sakit mereda.
  • Anda juga dapat menggunakan batang dari pohonnya yang masih kecil untuk menyikat gigi dan mengobati gigi berlubang.

8. Indian Gooseberry

Indian gooseberry yang juga dikenal dengan nama amla atau mlaka ternyata juga sangat efektif untuk mengobati gigi berlubang. Buahnya kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang mampu menyingkirkan bakteri jahat dan melawan infeksi. Selain itu, buah tersebut juga dapat membersihkan mulut dari bakteri penyebab bau ulut, sehingga bau mulut jadi lebih segar.

Makanlah satu buah amla segar setiap hari untuk mengobati gigi berlubang secara alami. Anda juga dapat mencampurkan 1 sdt bubuk amla kering dengan segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

9. Pala

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Yonsei di Korea, ekstrak biji pala memiliki sifat antikariogenik. Karenanya sangat efektif untuk mencegah munculnya lubang dan kerusakan gigi lainnya yang disebabkan oleh bakteri mulut kariogenik.

Cukup haluskan biji pala dan campurkan dengan minyak cengkeh secukupnya. Kemudian oleskan pada gigi yang berlubang, diamkan selama 10 menit baru kemudian bilas mulut dengan air hangat. Ulangi penggunaannya setidaknya 3 atau 4 kali sehari hingga rasa sakit mereda. Anda juga dapat menggunakan minyak pala dan mengoleskannya secara langsung pada gigi berlubang dengan menggunakan kapas.

10. Wheatgrass

Wheatgrass bukan rumput biasa, sifat antibakteri alami di dalamnya membantu mengatasi kerusakan gigi termasuk gigi berlubang sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat gigi berlubang. Wheatgrass sendiri merupakan sejenis rumput yang berasal dari biji gandum yang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan.

Didalamnya mengandung banyak vitamin A dan E juga mineral lainnya seperti zat besi, kalsium dan magnesium, yang penting untuk menjaga gigi agar sehat dan kuat. Minumlah 1/2 gelas jus wheatgrass setiap hari saat perut kosong sebagai tindakan pencegahan untuk melawan gigi berlubang.
Atau Anda dapat mencampur seperempat gelas jus wheatgrass dan air agar penuh segelas. Lalu gunakan untuk berkumur selama 1 menitan. Ludahkan lalu kumur dengan air hangat, ulangi 2 atau 3 kali sehari hingga rasa sakit berkurang.

Demikian 10 cara mengobati gigi berlubang secara alami dan efektif. Lubang pada gigi muncul karena banyak faktor, terutama karena kebersihan gigi dan mulut yang kurang. Karenanya jaga kesehatan gigi dan mulut sebelum masalah datang dan bertambah parah. Semoga bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.