Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Mengobati Sariawan Di Lidah Dengan Cepat Dan 100% Alami

Dalam bahasa medis, sariawan dikenal dengan sebutan Stomatitis Aftosa atau perlukaan yang terjadi di dalam area mulut, meliputi lidah, mulut, gusi dan juga pipi bagian dalam. Biasanya sariawan berbentuk bulat oval berwarna kemerahan dengan tengah berwarna keputihan. Hal tersebut terkadang disertai rasa panas seperti terbakar, perih, terkadang disertai demam yang menyebabkan rasa tidak nyaman dan menyakitkan. Mulai dari bayi hingga lanjut usia, siapa pun dapat berisiko terkena sariawan.

Cara Mengobati Sariawan Di Lidah Secara Alami

Sariawan biasanya terjadi karena banyak hal, misalnya kurangnya asupan vitamin, penyakit mulut, cidera, infeksi virus, penyakit yang berhubungan dengan daya tahan tubuh dan masih banyak lain. Beberapa kasus sariawan biasanya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perlu adanya pengobatan. Namun jika sariawan yang dirasakan bertambah parah Maka perlu segera berkunjung ke dokter untuk diobati. Tetapi selain itu ada cara alami yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan, ingin tahu seperti apa cara mengobati sariawan di lidah? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang cukup efektif untuk mengobati sariawan. Di dalamnya terkandung sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Keduanya sangat baik membantu meringankan rasa sakit dan peradangan yang diakibatkan oleh sariawan serta mempercepat proses penyembuhannya. Berikut cara mengobati sariawan di lidah dengan memanfaatkan lidah buaya.

  • Bersihkan kulit lidah buaya dan cuci hingga bersih. Ambil dan potong-potong kecil bagian dalamnya yang bentuknya menyerupai gel. Lalu oleskan di lidah yang terkena sariawan. Ulangi dua hingga tiga kali sehari agar hasilnya cepat terlihat.
  • Sebagai alternatif, Anda juga dapat mencuci mulut dengan menggunakan lidah buaya segar yang telah diblender hingga halus. Lakukan tiga sampai empat kali sehari.

2. Ketumbar

Dikenal sebagai salah satu rempah-rempah yang sering digunakan dalam masakan tradisional, ketumbar juga merupakan salah satu bahan terbaik untuk mengobati sariawan. Tak hanya bijinya saja, daunnya pun memiliki sifat anti-inflamasi, antiseptik dan anti jamur sehingga sangat efektif untuk meredakan dan mengobati sariawan di lidah. Berikut cara mengobati sariawan dengan memanfaatkan ketumbar, di antaranya.

  • Rebus segenggam daun ketumbar dalam segelas air hingga mendidih. Setelah dingin saring air rebusannya, lalu gunakan sebagai obat kumur. Anda dapat melakukannya tiga atau empat kali sehari untuk hasil maksimal.
  • Rebus satu sdt biji ketumbar dalam satu gelas air hingga mendidih, setelah dingin saring airnya dan gunakanlah untuk berkumur.

Selain itu Anda pun juga dapat mengunyah daun ketumbar secara langsung dan tempelkan ke sariawan beberapa saat. Hal tersebut juga dapat membantu menyembuhkan sariawan di lidah.

3. Madu

Madu merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan beragam penyakit sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu madu juga memiliki sifat antiseptik serta antibakteri dan dapat mengurangi peradangan termasuk akibat sariawan di lidah. Berikut cara mengobati sariawan di lidah menggunakan madu, di antaranya.

  • Oleskan madu di lidah yang mengalami sariawan dengan hati-hati.
  • Pertamanya mungkin akan terasa sakit selama beberapa menit, tetapi akan mereda dengan sendirinya bersamaan dengan sariawan dan peradangan yang ditimbulkannya.
  • Lakukan beberapa kali sehari hingga sariawan sembuh.

4. Garam

Jangan salah mengira jika sariawan harus menghindari garam karena dapat memperparah keadaannya. Justru sebaliknya garam justru sangat baik dan akan membantu menarik cairan dari sariawan serta mempercepat proses penyembuhannya. Berikut cara mengobati sariawan di lidah dengan menggunakan garam, di antaranya.

  • Campurkan satu sdt garam ke dalam segelas air hangat dan aduk rata.
  • Gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur, setidaknya selama 30 detik. Hal ini akan membantu membersihkan mulut dari adanya bakteri dan virus penyebab sariawan.
  • Setelah selesai berkumur, oleskan sedikit garam langsung pada area yang mengalami sariawan. Pertamanya akan terasa perih, tetapi ini akan membantu proses penyembuhan sariawan.
  • Lakukan empat Sampai lima kali sehari untuk hasil terbaik.

5. Baking Soda

Bahan alami yang selanjutnya juga sangat efektif untuk mengobati sariawan di lidah ialah baking soda. Kandungannya dapat membantu menetralkan tingkat keasaman di dalam mulut dan juga mengurangi rasa sakit akibat peradangan karena sariawan.

Campurkan air dan baking soda menjadi satu hingga seperti pasta. Lalu oleskan pasta tersebut ke sariawan yang ada di lidah dengan menggunakan jari secara langsung. Diamkan selama 10 menit, lalu bersihkan dengan kumur air hangat.

Lakukan tiga atau empat kali sehari agar sariawan cepat mereda. Anda juga dapat mencampurkan dua sdt baking soda dalam segelas air hangat dan gunakan untuk berkumur. Lakukan sesering mungkin

6. Yoghurt

Penyebab sariawan elum dapat diketahui secara pasti. Beberapa mungkin disebabkan adanya infeksi bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) yang banyak menyebabkan penyakit radang usus. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa probiotik baik seperti lactobacillus dapat membantu mengatasi bakteri H. pylori dan mengobati beberapa penyakit radang usus.

Secara teori, jika bakteri tersebut yang menyebabkan sariawan di lidah Anda, maka yoghurt yang mengandung banyak probiotik baik dapat membantu mengatasinya. Anda dapat mengkonsumsi setidaknya 1 gelas kecil yoghurt setiap hari untuk mengatasi sariawan yang Anda derita.

7. Minyak Kelapa Murni (Virgin coconut Oil)

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki sifat anti mikroba yang dapat menyembuhkan sariawan. Terutama yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri dan membantu mencegahnya menyebar.

Minyak kelapa juga merupakan anti-inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit akibat sariawan. Ditambah lagi rasanya pun juga enak. Anda dapat mengoleskannya secara langsung di lidah yang terkena sariawan. Tak perlu berkumur karena minyak kelapa aman untuk dimakan. Ulangi sebanyak tiga hingga empat kali dalam satu hari, supaya sariawan cepat mereda.

8. Tea Tree Oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang sangat bagus. Keduanya berfungsi sebagai desinfektan alami untuk kulit yang sangat efektif untuk membantu menyembuhkan sariawan.

Untuk mengobati sariawan, Anda dapat menambahkan 10 tetes tea tree oli dalam segelas air. Gunakan air tersebut sebagai obat kumur untuk mencuci mulut. Ulangi setidaknya tiga atau empat kali sehari. Alternatif lainnya, Anda dapat mengencerkan dua tetes tea tree oli dalam satu sdm air. Lalu oleskan langsung di lidah yang mengalami sariawan. Ulangi dua atau tiga kali sehari, untuk hasil maksimal.

9. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel merupakan bahan alami yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Hampir semua macam penyakit bisa diatasi, termasuk sariawan. Kandungan asam di dalam cuka sari apel inilah yang disebut-sebut mampu membantu membunuh bakteri yang Menyebabkan sariawan. Meski masih diperdebatkan karena kandungan asam dapat memperparah kondisi sariawan. Karenanya gunakan dengan hati-hati.

Campurkan 1 sdt cuka sari apel dalam 1 gelas air. Gunakan air tersebut untuk obat kumur, kumur selama 30 detik dan keluarkan. Bilas dengan berkumur air biasa, ulangi beberapa kali sehari.

10. Echinacea

Echinacea merupakan tanaman herbal yang dimanfaatkan bunganya. Di dalamnya terkandung banyak senyawa kimia yang bermanfaat untuk tubuh, seperti flavonoid, alkamides, polisakarida, minyak atsiri, dan glikoprotein. Karena itulah echinacea mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan berbagai macam penyakit termasuk sariawan. Sehingga mampu mempercepat penyembuhan sariawan serta mencegahnya muncul kembali.

Anda dapat menyeduh satu sdt teh echinacea dalam segelas air hangat. Lalu teteskan air tersebut ke lidah yang terkena sariawan dan biarkan saja, jangan khawatir karena echinacea aman jika tertelan. Selain itu Anda juga dapat menggunakan air seduhannya untuk kumur-kumur, sehari tiga kali atau lebih. Lakukan secara rutin agar hasilnya terlihat.

Demikian 10 cara menyembuhkan sariawan di lidah secara alami di rumah. Jika sariawan yang Amda alami tidak kunjung membaik meski telah melakukan berbagai pengobatan, ada baiknya segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya dan mendapat perawatan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.