Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Mengusir Semut Agar Tidak Datang Lagi Yang Terbukti Ampuh

Tak peduli musim kemarau atau hujan, semut selalu datang mengganggu baik di rumah atau di kebun dan menyebabkan masalah. Seperti mengerubuti makanan, air dan juga tanaman hingga membuatnya layu dan akhirnya mati. Semut termmasuk serangga yang hidup secara berkoloni, sehingga ia akan menyerbu bersama dengan kawanannya.

Berurusan dengan semut bisa sangat menjengkelkan, gigitannya bisa membuat tubuh bentol-bentol tapi membiarkannya berkeliaran sama saja dengan mengundang penyakit. Membasminya dengan pestisida yang mengandung bahan kimia tentu bisa sangat membahayakan bagi manusia dan lingkungan.

Cara Mengusir Semut Secara Alami

Sekarang tidak perlu khawatir karena ada cara mengusir semut secara alami. Meskipun hasilnya tak bisa langsung terlihat seketika, tetapi jauh lebih aman. Ingin tahu seperti apa caranya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Kayu manis

Cara mengusir semut yang terbilang cukup efektif ialah dengan menggunakan kayu manis. Aromanya yang menyengat membuat semut tidak akan sudi masuk ke rumah apalagi mendekati dapur Anda.
Menurut sebuah penelitian yang masuk dalam international Journal of Scientific and Research Publications, minyak esensial yang terkandung dalam kayu manis mampu menghasilkan aktivitas repellency dan insektisida alami sehingga membuat semut enggan mendekatinya.

Untuk menggunakan kayu manis untuk mengusir semut, tambahkan 1 sendok teh minyak kayu manis dalam segelas air. Rendam kapas dalam larutan ini lalu oleskan ke tempat-tempat yang sering didatangi semut. Ulangi setiap hari hingga semut tak lagi datang menghampiri dapur dan rumah Anda.

Anda juga dapat meletakkan kayu manis dan cengkeh utuh di dekat titik masuk yang sering dilewati semut. Dan jika Anda menggunakan semprotan minyak kayu manis, gunakan di titik-titik tertentu saja dan jangan di seluruh tempat agar tidak boros.

2. Cuka Putih

Cuka putih juga dapat digunakan untuk mengusir semut yang datang ke rumah dan suka mengerubuti makanan. Hal ini karena cuka putih yang menghasilkan aroma yang sangat kuat sehinga membuat semut tidak akan tahan, selain itu aroma cuka tersebut akan membuat semut kehilangan jejak koloninya. sebab bau cuka lebih pekat dari bau jejak semut itu sendiri sehingga mengecoh arah dan kehilangan koloninya.

Campurkan cuka putih dan air sama banyaknya, lalu tuang campuran air cuka tersebut ke dalam botol semprot. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial dan kocok botol tersebut agar air cuka dan minyak tercapur secara menyeluruh.

Semprotkan larutan tersebut di sudut-sudut rumah yang sering digunakan semut keluar masuk. Tunggu hinga 1 jam, lalu bersihkan semut-semut yang mati lemas dengan kain atau kertas. Lakukan sekali dalam sehari sampai semut pergi dan tak kembali lagi. Anda juga dapat menggunakan larutan cuka ini untuk membersihkan lantai, jendela dan juga meja untuk mencegah semut datang kembali.

3. Borax

Borax merupakan campuran garam mineral dengan konsntrasi yang tinggi yang saat ini penggunaanya sangat dibatasi hanya untuk keperluan industri non makanan, sebab borax bersifat toksik atau beracun. Sehinga bisa membuat semut mati dan menjauh dari rumah.

Semut biasanya suka sekali dengan makanan manis, sehingga Anda harus memancingnya agar semut datang dan memakan borax, supaya semut mati dan tak kembali lagi. Karena bersifat toksik, sebaiknya jaukan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Campurkan satu balok boraks dan makanan manis, misalnya jeli, roti atau makanan lainnya, campur merata. Letakkan makanan yang sudah dicampur borax tersebut di atas piring datar, kemudian letakkan di tempat yang disukai semut.

Alternatif lainnya, Anda bisa mencampurkan boraks dengan gula pasir dengan perbandingan 1: 3. Tambahkan air secukupnya , aduk merata hingga campuran ketiga bahan tersebut mengental seperti sirup. Lalu letakkan campuran tersebut di sudut-sudut rumah yang sering dilalui semut.

4. Jeruk Nipis

Untuk membuat dapur dan sudut-sudut rumah Anda tak disukai semut, cobalah jeruk nipis. Bau dan sifat asam yang dihasilkan jeruk nipis akan menghalangi semut dan mengacaukan jejak kawanannya dengan menutupi aroma yang ditinggalkan kawanannya sehingga semut akan tertinggal dari kawanannya.

Gosokkan beberapa jeruk nipis yang sudah dibelah pada pintu, jendela dan sudut-sudut lain dalam rumah yang bisa jadi tempat semut masuk. Alternatif lain ialah dengan meletakkan beberapa bola-bola kapas yang sudah ditetesi minyak esensial jeruk nipis di beberapa sudut rumah, sudut meja, belakan lemari,di dalam buffet dan sudut-sudut lain.

Anda juga dapat meletakan beberapa irisan kulit jeruk nipis di sekitar pintu. Gunakan setiap hari secara rutin agar semut tak lagi datang mengganggu.

5. Peppermint

Peppermint merupakan bahan alami pengusir serangga, termasuk juga efektif untuk mengusir semut yang membandel dan suka datang. Semut sangat tidak menyukai bau atau arom yang kuat, sebab akan mengganggu kemampuan mereka dalam mendeteksi apa yang ada di sekitar mereka termasuk makanan.

Tambahkan 10 tetes minyak peppermint dalam segelas air. Masukan ke botol semprot, lalu semprotkan air tersebut ke semua sudut di mana semut suka berada. Lakukan setidaknya dua kali sehari, sampai semut hilang benar-benar hilang sepenuhnya.

6. Tanah Diatom atau Diatomite

Tanah diatom atau lebih dikenal dengan diatomite merupakan tanah yang berasal dari batu sedimen silika yang terbentuk dari fitoplankton di laut yang menjadi fosil. Tanah tersebut memiliki partikel yang sangat tajam sehingga dapat melukai bagian tubuh serangga kecil, termasuk semut. Karenanya tanah diatom bisa jadi alternatif untuk mengusir semut yang selalu datang mengganggu.

Coba taburkan diatomite atau tanah diatom tipis-tipis saja di sudut-sudut rumah seperti di bawah jendela, bawah kulkas, bawah lemari, dan di sekitar tempat sampah atau tempat-tempat lain yang seringkali di datangi semut. Saat menggunakan diatomite, usahakan agar tidak terkena air karena tidak akan berguna.

7. Mentimun

Cara mengusir semut dengan bahan alami bisa dengan menggunakan mentimun. Mentimun tidak disukai semut karena rasanya yang tidak enak. Mentimun yang memiliki rasa pahit akan lebih cepat mengusir semut, tapi jika tidak ada mentimun biasa pun juga tetap bisa digunakan.

Kupas mentimun, lalu potong-potong kecil kemudian letakkan di tepat yang suka dilalui semut. Anda harus mengganti potongan tersebut dengan potongan mentimun segar setiap hari. Ulangi sesuai kebutuhan atau hingga semut pergi dan tak datang lagi.

8. Bubuk Cabai

Selanjutnya cara mengusir semut secara alami dan terbukti efektif ialah dengan menggunakan bubuk cabai. Hal ini karena bubuk cabe yang memiliki sifat yang mampu mengacaukan sinyal kimia yang dipancarkan semut untuk mendeteksi keberadaan makanan, sarang, atau tempat-tempat lainnya.

Tanpa adanya sinyal yang tepat, maka semut akan merasa kesulitan bertahan dan akhirnya pergi dengan sendirinya mencari tempat baru. Coba taburkan bubuk cabai di mana Anda sering melihat semut. Anda juga bisa mencampurkan bubuk cabai dan bubuk kunyit untuk mengusir semut.

9. Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring juga bisa digunakan untuk mengusir semut dan cukup efektif. Kandungan dari sabun cuci tersebut akan membuat semut-semut mati tak berdaya. Tak hanya pada semut, cairan sabun cuci piring juga efektif untuk mengusir kecoa di rumah.

Campurkan sabun cuci piring cair dan baking soda dengan takaran yang sama dalam segelas air. Lalu semprotkan ke sudut-sudut di mana semut seringkali terlihat. Atau Anda juga bisa menyiramkannya langsung ke tempat yang sering di lalui oleh semut. Setelah beberapa jam, bersihkan semut yang mati dengan kain basah. Ulangi setiap hari hingga tak ada lagi semut berdatangan ke rumah

10. Jagalah Rumah Selalu Bersih

Untuk mencegah semut memasuki rumah, hal yang palin pentin untuk diperhatikan ialah jaga agar rumah selalu dala keadaan bersih. Bersihkan lantai, meja, perkakas, lemari dan setiap perabotan dari kotoran.

Jangan lupa untuk menyimpan makanan dalam wadah yang tertutup rapat, terutama tempat gula, madu, sirup, dan makanan lain yang dapat menarik semut berdatangan. Bersihkan juga makanan yang tumpah sesegera mungkin karena akan mengundang semut. Dan jangan pernah membiarkan piring kotor menumpuk, lebih baik bersihkan segera.

Semut biasanya tidak menyukai tempat yang bersih jadi jika rumah dan seisinya selalu dalam keadaan bersih, maka tak akan ada lagi semut yang datang.

Demikian 10 cara mengusir semut dengan cara alami dan efektif. Semut tak hanya mengganggu tetapi juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman akibat gigitan yang ditimbulkannya. Sehingga menyingkirkannya dari rumah harus segera dilakukan, tapi gunakan bahan alami supaya tidak menimbulkan efek samping yang buruk. Semoga bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.