Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Bebas Dari Penyakit

Memiliki tubuh yang sehat tentu saja menjadi idaman bagi banyak orang. Dengan tubuh yang sehat pastinya akan membuat penyakit tidak mudah datang dan aktivitas yang dilakukan sehari-harinya dapat berjalan dengan baik. Namun karena pola hidup yang tidak sehat, paparan polusi dan lainnya terkadang menyebabkan daya tahan tubuh menjadi melemah dan menjadi mudah sakit.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Mudah

Untuk mempertahankan agar daya tahan tubuh tetap dalam kondisi baik, sebenarnya bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi suplemen atau vitamin. Namun sebenarnya masih banyak cara alami lainnya yang dapat anda lakukan. Nah berikut ini beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh agar terbebas dari penyakit.

1. Cukup Tidur Dan Kendalikan Stress

Dengan melakukan tidur yang cukup serta mengelola stress dengan baik bisa mengembalikan kadar kortisol yang ada di dalam tubuh. Kortisol merupakan hormone steroid yang ada di dalam tubuh dan dihasilkan kelenjar adrenal. Hormone ini akan dilepas jika tubuh mengalami kurang tidur maupun stress akut. Kortisol sebenarnya sangat baik untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh naun jika lama kelamaan, fungsi anti peradangan ini bisa menyebabkan sistem imun menjadi tertekan. Peningkatan kadar korsitol ini bisa menyebabkan sistem imun menjadi melemah dan mudah sakit. Untuk itu pastikan jika tidur anda cukup, kurang lebih 6-8 jam setiap harinya. Selain itu kelola stress anda dengan baik dengan melakukan relaksasi yang menenangkan saat anda sedang merasa stress.

2. Penuhi Asupan Vitamin C

Vitamin C memang sudah terkenal sebagai salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan bermanfaat bagi sistem imun tubuh. Bahkan terdapat penelitian lainnya yang menjelaskan jika vitamin C yang masuk ke dalam tubuh dapat menstimulasi imun agar mampu melawan zat-zat asing yang masuk ke tubuh. Selain dapat menyembuhkan sariawan, vitamin C juga dapat membantu meningkatkan jumlah antibody yang mana menjaid perlindungan tubuh dari berbagai macam serangan virus, kuman, maupun bakteri. Anda bisa mencoba mengkonsumsi buah dan sayuran yang memiliki kandungan vitamin C tinggi di dalamnya. Misalnya saja kentang dan jeruk yang sama-sama memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

3. Mengkonsumsi Teh

Dengan mengkonsumsi teh setiap harinya ternyata dapat membantu untuk meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Hal ini terbukti dari penelitian yang dilakukan di Harvard menjelaskan jika orang-orang yang mengkonsumsi teh hitam kurang lebih sebanyak 5 cangkir dalam jangka waktu 2 minggu memiliki kadar interferon yang mana dapat menangkal serangan virus. Bahkan hal ini 10 kali lipat dibandingkan dengan orang-orang yang mengkonsumsi palsebo panas.

Hal ini karena kandungan asam amino yang dapat berpengaruh pada daya tahan tubuh yang meningkat. Selain itu kandungan L-theanin juga cukup banyak dalam teh hijau dan teh non kafein. Untuk bisa meningkatkan antioksidan di dalam teh, bahkan hingga lima kali lipatnya. Anda bisa mencoba menyeduh sekantong teh dengan cara mencelupkan naik turun ketika anda menyeduhnya.

4. Mendapatkan Sinar Matahari Yang Cukup

Seperti yang anda ketahui, sinar matahari memicu produksi vitamin D di dalam tubuh yang tentu saja akan baik untuk kesehatan tubuh. Jika tubuh mengalami kekurangna vitamin D, maka tentu saja akan menyebabkan resiko infeksi pernapasan menjadi meningkat. Bahkan terdapat penelitian lainnya yang dapat membuktikan jika anak-anak yang memiliki asupan vitamin D sekitar 1.2000 IU Setiap harinya bisa mengurangi resiko terjangkitnya influenza A.

5. Melakukan Olahraga Secara Rutin

Jika anda menginginkan tubuh yang sehat, maka jangan lupakan untuk berolahraga. Dengan gerak tubuh serta olahraga secara rutin bisa meningkatkan proses metabolism di dalam tubuh, menjaga kebugara tubuh, dan menguatkan sistem imun tubuh dari infeksi maupun penyakit.

6. Mengkonsumsi Yoghurt

Salah satu organ di dalam tubuh yang berperan dalam membentuk sistem kekebalan tubuh adalah usus. Untuk bisa meningkatkan daya tahan tubuh secara alami, anda bisa memenuhi kebutuhan usus akan probiotik. Biasanya probiotik ini didapatkan dari Bifidobacterium dan Lactobacillus. Dan kandungan bakteri ini terdapat dalam yoghurt, yang merupakan minuman dengan bahan dasar susu. Saat anda mengkonsumsi yoghurt secara rutin, maka akan mencegah berbagai penyakit dapat menyerang tubuh anda. Selain dapat digunakan sebagai masker alami, dengan mengkonsumsi yoghurt secara rutin juga akan meningkatlkan kerja dari sel NK yang merupakan sistem imun yang terkuat di tubuh.

7. Lakukan Diet Sehat

Jangan lupa untuk melakukan diet sehat yang bisa membantu untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap baik dan sehat. Diet sehat yang dilakukan adalah dengan meningkatkan konsumsi buah dan sayuran dan mengurangi makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh, semisal gorengan atau fast food. Selain itu perbanyak makanan yang memiliki kandungan omega-3 yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Berikut ini daftar makanan yang memiliki kandungan omega-3 yang cukup tinggi:

  • Makanan laut, semisal ikan sarden, ikan salmon, ikan tuna, dll
  • Kenari
  • Susu
  • Alpukat
  • Yoghurt
  • Biji labu
  • Telur
  • Dan masih banyak lainnya.

8. Menghindari Alkohol dan Rokok

Kebiasaan mengkonsumsi alcohol dan rokok merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari jika memang anda menginginkan sistem imun yang kuat dan kebal terhadap penyakit. Setidaknya terdapat 7.000 senyawa kimia di dalam rokok yang membahayakn tubuh. Bahkan beberapa diantaranya dapat memicu kanker. Tidak hanya dapat menurunkan sistem imun, namun rokok juga dapat meningkat berbagai macam resiko penyakit semisal gangguan jantung, gangguan pembuluh darah, dan masih banyak lainnya. bahkan asap rokok sekalipun juga menjadi penyebab terjadinya gangguan saluran pernapasan.

Begitu pula dengan alcohol, minuman keras ini akan merusak kerja sistem daya tahan tubuh. Bahkan parahnya, bagi seseorang yang sudah menjadi pecandu memiliki resiko mengalami sirosi hati, TBC, gangguan jantung, dan lainnya.

9. Jaga Berat Badan

Tidak ada salahnya untuk mulai mengurangi berat badan anda, hindari berat badan yang berlebih atau obesitas. Hal ini bisa menyebabkan meningkatkan resiko terkena penyakit-penyakit berbahaya, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan masih banyak lainnya. Secara tidak langsung, obesitas juga dapat mempengaruhi daya tahan tubuh. Tak heran jika orang yang memiliki berat badan berlebihan akan lebih mudah sakit karena daya tahan tubuhnya melemah. Anda bisa mencoba menjaga berat badan dengan rutin mengkonsumsi makanan-makanan sehat, rajin berolahraga, dan konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.

10. Mengkonsumsi Makanan-Makanan Yang Meningkatkan Sistem Imun

Selain cara-cara diatas, anda bisa mencoba mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Berikut ini beberapa makanan-makanan yang direkomendasikan:

  • Brokoli, brokoli kaya akan mineral serta vitamin yang baik untuk tubuh. Mulai dari antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E terkandung di dalam brokoli. Untuk mengolahnya pun tidak rumit, anda bisa merebusnya sebentar dan kemudian dikonsumsi selagi masih hangat.
  • Bayam, sayuran hijau ini kaya akan vitamin C, anti oksidan, dan karoten yang mana dapat membantu agar kemampuan daya tahan tubuh bisa lebih baik dalam melawan infeksi.
  • Jeruk, buah yang kaya akan vitamin C ini juga sangat baik untuk tubuh. Vitamin C di dalamnya dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang mana berguna untuk melawan infeksi-infeksi yang menyerang tubuh.

Nah itu tadi beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh tanpa perlu mengkonsumsi vitamin atau suplemen sehingga tubuh bisa lebih kebal terhadap penyakit. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.