Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

11 Cara Menurunkan Kolestrol Tinggi Memanfaatkan Bahan Alami di Sekitar Kita

Selama ini banyak orang yang mengira jika kolestrol merupakan sebuah penyakit dimana kadar kolestrol yang ada di dalam darah melampaui dari batas normal. Padahal kolestrol tak selalu berdampak buruk bagi seseorang. Sebenarnya terdapat 2 jenis kolestrol yang ada di dalam tubuh yaitu kolestrol HDL dan kolestrol. Untuk jenis kolestrol HDL ini adalah jenis kolestrol yang dapat melarutkan jenis kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh. Sedangkan untuk kolestrol LDL adalah jenis kolestrol yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Jika kadar kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh terlalu tinggi di dalam tubuh maka  tentu saja menyebabkan terjadinya resiko berbagai macam penyakit yang membahayakan tubuh. Bahkan kini, kolestrol yang tinggi tak hanya dapat menyerang orang yang sudah tua saja, namun juga dapat menyerang anak-anak sekalipun. Hal ini bisa disebabkan karena asupan makanan yang kurang terjaga, terutama dalam mengkonsumsi makanan-makanan berlemak.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dan Mujarab

Semakin sering mengkonsumsi makanan berlemak, maka tentu saja menyebabkan tumpukan lemak didalam tubuh meningkat yang berpengaruh pada kolestrol yang ada di dalam tubuh. Untuk cara menurunkan kolestrol yang tinggi bisa anda lakukan dengan melakukan pola hidup yang sehat serta  mengkonsumsi jenis buah-buahan yang dapat menurunkan kolestrol tinggi secara alami dan efektif seperti di bawah ini.

1. Jeruk Nipis

Selain untuk solusi berbagai masalah kecantikan, misalnya memutihkan wajah, Jeruk nipis menjadi salah satu buah yang cukup ampuh dalam mengatasi kolestrol yang tinggi di dalam tubuh karena adanya kandungan flavonoid yang cukup kaya di dalamnya. Flavonoid ini berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas. Anda bisa mengkonsumsi air jeruk nipis hangat 2 kali setiap hari, pada pagi dan malam hari secara rutin sehingga membuat kadar kolestrol jahat di dalam tubuh dapat segera berkurang.

2. Alpukat

Buah hijau yang memiliki rasa manis ini bisa membantu untuk menurunkan kadar kolestrol yang ada di dalam tubuh. Kandungan karbohidrat nya juga dapat mengenyangkan, sehingga sangat baik digunakan bagi anda yang sedang menjalani diet. Serat di dalam alpukat juga akan membantu memperlancar proses pencernaan. Sehingga dengan mengkonsumsi buah alpukat, anda tidak hanya dapat menurunkan kadar kolestrol jahat di dalma tubuh. Namun juga dapat membantu menyehatkan tubuh. Anda bisa mengkonsumsinya langsung atau dibuat dalam jus buah.

3. Anggur

Anggur memiliki kandungan anti oksidan seperti resveratrol dan piceatannol yang mana menghasilkan fitronutrien yang mana sudah terbukti ampuh sebagai zat anti mikroba. Selain itu terdapat kandungan flavonoid yang mana bertindak sebagai anti oksidan yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Anda bisa mengkonsumsi jus anggur 1 kali dalam sehari secara rutin agar bisa menurunkan tingkat kolestrol yang ada di dalam darah.

4. Apel

Terutama pada bagian kulitnya, terdapat kandungan pectin yang mana efektif sebagai cara menurunkan kolestrol yang tinggi. Pectin bekerja untuk menyerap kolestrol serta lemak jahat yang ada di bagian usus halus. Nantinya kolestrol jahat dapat keluar dari tubuh melalui urin dan feses. Selain itu kandungan antioksidan dan vitamin di dalamnya membantu mengurangi radang. Serat pada apel juga baik bagi anda yang sedang menhalani diet sehat. Anda bisa mengkonsumsi apel langsung maupun dikonsumsi dalam jus apel.

5. Pir

Buah pir mmeiliki serat alami yang cukup tinggi, bahkan dapat memenuhi kebutuhan serat harian sebesar 16%. Bahkan serat dalam buah pri jauh lebih tinggi dibandingkan buah apel. Serat buah pir yaitu pektin juga dapat mengikat kolestrol jahat dari dalam tubuh dan kemudian mengeluarkannya dari dalam tubuh. Sehingga kadar kolestrol LDL bisa menurun dan tubuh terhindar dari resiko penyakit-penyakit berbahaya.

6. Kulit Buah Manggis

Buah manggis tidak hanya lezat dikonsumsi, namun bagian kulit manggis juga dapat memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh terutama dalam mengatais kolestrol yang tinggi. Kandungan xanthone di dalam kulit manggis adalah zat aktif yang mana berfungsi sebagai anti oksidan dan anti kanker yang lebih kaut dibandingkan dengan vitamin C dan vitamin E. anda bisa mencoba mengkonsumsi ekstrak kulit manggis yang kini sudah banyak beredar di pasaran. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung dan rutin sehingga kadar kolestrol jahat dapat segera turun.

7. Berries

Buah Strawberry, blueberry, dan cranberry juga kaya akan kandungan pectin yang menjadi serat larut air yang bisa mengikat kolestrol jahat yang ada di dalam usus halus sehingga membuat kolestrol jahat terbuang dna tergantikan dengan kolestrol baik. Pada penelitian yang dilakukan Basu et al dengan menggunakan 16 subjek wanita yang mengkonsumsi rutin buah-buahan berry dapat terbukti menurunkan kadar kolestrol jahat dalam jangak waktu 4 minggu. Selain itu kandungan polifenol sebagai antioksidan juga baik untuk tubuh.

8. Jambu Biji

Cara menurunkan kolestrol tinggi lainnya bisa anda coba dengan mengkonsumi jambu biji secra rutin. Jambu biji mengandung antioksidan dan vitamin yang dapat melindungi kesehatan jantung dari bahaya radikal bebas. Selain itu kadar kalium serta serat larut air yang ada di dalam jambu biji sangat membantu menurunkan kadar kolestrol jahat serta tekanan darah tinggi yang mana bisa memicu penyakit jantung. Terdapat penelitian yang membuktikan dengan mengkonsumsi jambu biji sekitar 400 gr setiap harinya mampu meningkatkan kolestrol baik di dalam tubuh.

9. Jeruk

Jeruk juga ampuh dan efektif untuk menurunkan kadar kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh karena kandungan serat larut air nya yang cukup tinggi yang dapat mengikat kolestrol di dalam usus halus. Senyawa d-limonene di dalam jeruk bisa melarutkan kolestrol dan menghambat perkembangkan beberapa jenis kanker. Sama seperti buah lainnya, anda bisa mengkonsumsi jeruk setiap harinya dengan cara dimakan langsung ataupun dibuat dalam jus buah.

10. Tomat

Dan buah terakhir yang dapat digunakan untuk mengatasi kolestrol yang tinggi. Berdasarkan laporan riset pada jurnal Maturitas membuktikan jika mengkonsumsi tomat yang dimasak sama saja dengan mengkonsumsi obat yang dapat menurunkan kolestrol. Namun tentu saja tomat tidak akan memberikan efek samping seperti hal nya saat anda mengkonsumsi obat kimia. Senyawa likopen, vitamin B dan kalium di dalam tomat ampuh untuk menurunkan kolestrol di dalam tubuh. Namun untuk mendapatkan kandungan likopen terbaik, buah tomat harus dimasak terlebih dahulu agar lebih mudah terserap ke dalam tubuh.

11. Pisang

Pisang memang buah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain untuk mengatasi asam lambung naik dapat juga mengurangi kadar kolestrol jahat di dalamnya karena kandungan serat yag sangat tinggi. Tak hanya itu saja, kalium juga dapat menurunkan tekanan darah yang mana dapat menurunkan kadar kolestrol jahat serta menyehatkan kondisi jantung anda.

Selain mengkonsumsi buah-buahan yang dapat menurunkan kolestrol tinggi di dalam tubuh, cara menurunkan kolestrol tinggi lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pola hidup yang sehat. Anda harus dapat mengontrol makanan yang dikonsumsi, untuk itu lah pentingnya mengkonsumsi makanan-makanan sehat. Jangan lupa untuk melalukan olahraga secara rutin.

Dengan berolahraga, memang sudah terbukti dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dan meningkatkan kolestrol baik di dalam tubuh. Tak perlu olahraga berat, cukup melakukan yang ringan-ringan saja seperti jogging, kalan sehat, berenang, bersepeda, dan lainnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.