5 Fakta Mobil Sejuta Umat Toyota Avanza, Sudah Tahu?

Siapa tak mengenal mobil sejuta umat keluaran Toyota yang satu ini, siapa lagi kalau bukan Toyota Avanza. Karena banyaknya orang memilih mobil low MPV ini sebagai alat transportasi utama, Avanza berhasil menyabet gelar mobil terlaris milik Toyota setelah Kijang.

Pencapaian tersebut tidak diraih begitu saja, karena Toyota terus melakukan inovasi dan penyegaran pada Avanza yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat akan mobil keluarga. Dibalik kesuksesannya, terdapat beberapa fakta unik Toyota Avanza yang mungkin belum Anda ketahui selama ini.

Fakta Unik Toyota Avanza

Fakta Menarik Toyota Avanza

1. Penamaan Mobil Dari Bahasa Asing

Tahukah Anda bahwa penamaan Avanza berasal dari bahasa Italia atau Romawi, “Avanzato”. Avanzato sendiri jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti peningkatan. Namun ada pula yang mengabarkan bahwa Avanza diambil dari bahasa Latin yang berarti maju.

Penamaan mobil yang diambil dari bahasa asing ini bukanlah hal baru bagi Toyota, karena beberapa mobil keluaran Toyota lain seperti Calya dan Sigra penamaannya juga diambil dari bahasa asing.

2. Bukan Diproduksi Dari Pabrik Toyota

Fakta kedua Toyota Avanza yang pasti belum banyak diketahui adalah produksi mobil yang tidak dilakukan di pabrik Toyota. Meskipun merupakan produk Toyota rupanya Avanza tidak dilahirkan dari pabrik Toyota, melainkan dari pabrik Daihatsu.

Hal ini dapat terjadi karena Daihatsu merupakan bagian dari Toyota, kerja sama yang terjadi antara dua raksasa otomotif tersebut membuat Daihatsu mengambil peranan dalam hal produksi.

3. Mengandung 90% Bahan Lokal

Meskipun terkenal sebagai mobil produksi Jepang, namun rupanya perakitan Toyota Avanza menggunakan 90% bahan lokal dan mudah ditemukan di Indonesia. Dengan dominasi bahan lokal tentu akan memudahkan penggunanya untuk memperbaiki mobil jika terjadi kerusakan sewaktu-waktu, karena penggunanya dapat menemukan suku cadang Avanza dengan mudah di bengkel-bengkel mobil.

4. Memiliki Saudara Kembar

Mobil low MPV yang satu ini memiliki saudara kembar yaitu Daihatsu Xenia. Mungkin tak sedikit yang bertanya-tanya mengapa Xenia dan Avanza bisa begitu mirip dari segi tampilan, jawabannya tak lain dan tak bukan karena memang kedua mobil tersebut lahir dari satu pabrik yang sama yaitu Daihatsu.

5. Diekspor ke Banyak Negara

Toyota Avanza tak hanya dijual di Indonesia saja. Menurut Toyota Astra Motor, mobil yang satu ini dieskpor ke beberapa negara di seluruh dunia mulai dari Oman, Thailand, Saudi Arabia, Nepal, Bahrain, Madagaskar, Brunei Darussalam, Fillipina, Sri Lanka, Bangladesh, Maladewa, Meksiko, Afrika Selatan, Yaman, Qatar, Nigeria, Zimbabwe, Fiji, dan Kenya.

Perbedaan Avanza dan Veloz

Setelah berbicara mengenai fakta Toyota Avanza, kini saatya beralih ke pertanyaan yang kerap membuat bingung para calon pembeli mobil Avanza, “dimanakah letak perbedaan Avanza dan Veloz?”

Tampilan

Jika dilihat dari tampilan luar, desain Toyota Avanza terbilang lebih sederhana dari Toyota Veloz. Desain bagian bawah lampu pada Toyota Avanza memiliki lubang bergaris dengan ukuran yang cukup besar. Selain itu, pada bagian bawah gril Avanza terdapat bumper berbentuk segitiga pada sisi kanan dan kirinya.

Tampilan Belakang

Desain bagian belakang dari Toyota Avanza juga terlihat lebih sederhana dari Toyota Veloz, dengan tampilan spoiler belakang bagian atas yang terlihat simple. Avanza juga tidak memiliki dudukan pelat nomor berwarna hitam pada bagian belakang.

Interior

Masuk ke interior, Toyota Avanza masih menggunakan model anak kunci dan belum dilengkapi dengan tombil stop/start button. Pemilihan warna pada interior Avanza juga menggunakan perpaduan dua warna, yaitu hitam dan beige.

Itulah 5 fakta Toyota Avanza, si mobil sejuta umat yang mungkin belum Anda ketahui. Semoga informasi diatas bermanfaat!

  • Leave a Comment