Alasannya Kopi dapat Meningkatkan Daya Ingat dan Kreativitas

Sebagian orang menganggap bahwa kandungan kafein pada kopi dapat menyebabkan efek buruk pada kesehatan manusia. Terutama masalah obesitas dan insomnia. Padalah, hal tersebut disebabkan karena jumlah konsumsi kopi dengan cara menyeduhnya dilakukan secara berlebihan. Tentunya, sesuatu hal yang berlebihan khususnya kopi memang berakibat fatal untuk fisiologi tubuh.

Namun, sebagian orang beranggapan bahwa meminum kopi dapat mengurangi stres saat mengerjakan pekerjaan yang bertumpuk. Maka dari itu, minuman kopi menjadi andalan bagi para pekerja shift malam.

Minum Kopi

Tidak hanya itu, mahasiswa yang mengambil kelas karyawan maupun sedang berkutat dengan laporan sering mengonsumsinya sebagai teman tugas. Hal tersebut karena adanya efek kimiawi dari kafein yang dapat membuat tubuh menjadi lebih energik. Apakah ini sugesti atau memang benar kopi dapat meningkatkan daya ingat sekaligus kreativitas?

1. Kurangi Tingkat Adenosine Pada Otak

Setiap sel yang ada pada tubuh menghasilkan senyawa Adenosine Triphospate atau dikenal sebagai ATP. Senyawa ini biasa difungsikan untuk membuat sel baru, pergerakan otot dan pengiriman sinyal elektrik ke otak. Namun, perlu disadari bahwa senyawa tersebut juga menghasilkan senyawa terbuang yang dikenal adenosine.

Senyawa buangan ini dapat mengakibatkan kinerja reseptor otak mengalami hambatan. Hal tersebut dikarenakan sifatnya yang mudah menempel dan mempengaruhi bagian otak yang mengatur produktivitas mengalami penurunan. Efek yang ditimbulkan berupa rasa kantuk. Maka dari itu, minuman kopi membuat senyawa ini semakin ditekan rendah karena adanya kafein yang menguranginya.

2. Kurangi Melatonin

Dokter Christoper W Winter seorang pakar Charlottesville Neurology & Sleep Medicine menyatakan bahwa kandungan kimiawi senyawa kafein dapat menekan melatonin. Hal tersebut dikarenakan kafein dapat membuat senyawa pembuat kantuk ini berkurang di titik paling rendah pada otak. Hal ini membuat seseorang menjadi lebih energik dan segar kembali. Tentunya, Anda tidak ragu kenapa kopi dapat membuat tubuh menjadi lebih produktif setelah mengonsumsinya.

3. Perbaiki Sirkuit Otak

Mau memori Anda dalam mengingat sesuatu menjadi lebih baik dan berkualitas? Maka meminum kopi bisa menjadi solusi bagi Anda. Efek kafein ini dapat Anda rasakan selang 24 jam setelah meneguknya dalam takaran tidak lebih dari 200 mg.

Tetapi, akan berakibat buruk jika Anda meminumnya dalam jumlah berlebih. Hal tersebut dapat membuat jam tidur Anda terganggu. Malah bisa mengakibat daya konsentrasi hilang apabila dikonsumsi mendekati jam tidur.

Bagi Anda informasi mengenai minuman kopi untuk meningkatkan daya ingat dan kreativitas memang bukanlah sekedar sugesti semata. Namun, kondisi ruang kerja maupun santai Anda juga mempengaruhi kinerja otak. Tentunya, ruangan yang nyaman dengan sirkulasi udara baik membuat produktivitas kerja semakin bagus. Maka dari itu, mengonsumsi kopi secara teratur dengan ukuran yang tepat membuat tubuh tetap energik dan sehat.

  • Leave a Comment