Kata Siapa Merawat Tampilan Eksterior Mobil Sulit, Ikuti Rahasia Simpel Ini

Eksterior mobil merupakan bagian yang paling terlihat oleh mata. Tak heran jika kita berusaha untuk menjaganya agar tetap bagus dan menarik seperti saat pertama kali membelinya. Berbagai perawatan pun bisa dilakukan. Namun, bukan berarti merawat tampilan eksterior mobil itu sulit.

Jika Anda mengetahui penyebab warna mobil kusam dan pudar, maka kita bisa menghindarinya. Alhasil tampilan eksterior mobil kita akan tetap kinclong walaupun telah bertahun-tahun dikendarai. Berikut beberapa hal yang dapat mengakibatkan warna eksterior mobil Anda menjadi kusam dan pudar yang harus Anda hindari.

Merawat Tampilan Eksterior Mobil Tidaklah Sulit, Shutterstock.com

1. Debu

Debu yang sedikit lama kelamaan akan menjadi tebal jika tak dibersihkan. Hal ini bisa merusak dan menggores cat mobil. Apalagi jika di sekitar Anda banyak orang iseng yang suka menulis tulisan pada debu yang menempel di mobil.

Biasakan untuk mengelap mobil di pagi hari, bik digunakan maupun tidak agar tak ada debu tebal yang menempel.

2. Aspal dan Kerikil

Saat Anda melintasi jalan, kadang potongan aspal atau kerikil akan beterbangan dan bisa merusak cat mobil. Apalagi jika jalan yang Anda lalui rusak. Jadi sebaiknya perhatikan jalanan yang Anda lalui. Jika ada jalan yang rusak, jangan asal melibas dan mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi.

3. Getah

Getah yang lengket tentu dapat merusak cat mobil Anda. Biasanya ini terjadi saat Anda memarkir mobil tepat di bawah pohon. Tak ada salahnya mulai sekarang perhatikan pohon naungan tempat Anda parkir. Jika bergetah sebaiknya hindari.

Apabila mobil yang Anda miliki terlanjur kena tetesan getah, sebaiknya langsung bersihkan dengan cairan pembersih lem atau cairan lengket. Kemudian lanjutkan dengan menggunakan cairan pelindung cat.

4. Serangga

Terkadang ada serangga yang menghinggapi mobil. Tanpa kita sadari, beberapa serangga dapat menghasilkan zat asam. Tentunya zat asam juga dapat merusak cat mobil Anda. Jadi segera cuci dengan air mengalir agar zat asam tersebut hilang.

5. Hujan

Kandungan zat asam pada air hujan dapat membuat cat mobil pudar. Bahkan juga bisa mengakibatkan jamur. Jadi setelah mobil Anda terkena guyuran hujan, alangkah baiknya untuk segera menyiramnya dengan air keran. Setelah itu, jangan lupa untuk mengelapnya agar zat asam benar-benar hilang.

Bagaimana? Gampang bukan tips di atas. Jika cat mobil Anda terlanjur pudar atau bahkan rusak, Anda dapat melakukan waxing poles atau nano coating. Bagi Anda yang memiliki mobil berwarna putih Anda harus lebih berhati-hati dalam menjaganya agar tetap kinclong, bersih dan menarik.

  • Leave a Comment