Mencegah Gaya Hidup Merokok Pada Anak Remaja dan Usia Belia

Sebuah kebiasan dan sudah menjadi gaya hidup memang menjadi suatu ciri khas tersendiri untuk setiap orang menjalankannya. Hal tersebut juga berlaku bagi remaja terutama di Indonesia dimana mengalami lonjakan dalam angka pelaku kegiatan merokok setiap harinya. Mengenai hal ini, tentu harus mendapatkan berbagai perubahan terutama dalam merubah setiap kegiatan dengan ketergantungan rokok.

Lingkungan serta pergaulan menjadi alasan terbesar mengapa banyak remaja bahkan anak di bawah umur sudah rutin merokok. Orang tua juga berperan dalam memastikan bahwa untuk remaja atau anak harus mendapat pantauan demi tidak merokok dan membahayakan kesehatan. Jika tidak dicegah dengan langkah tepat, maka gaya hidup merugikan semacam rokok bisa membuat dampak besar.

6. Mencegah Gaya Hidup Merokok

Mencegah Ketagihan Merokok

Membantu pencegahan yang ada ketika gaya hidup merokok menjadi sering, berikut langkahnya :

1. Memberikan edukasi

Karena memiliki zat kimia dan memberikan dampak jangka panjang, sehingga harus diberikan pengetahuan serta pengertian agar tidak terjerumus. Pemberian edukasi juga tentang aspek lain dimana bisa mengenai pelaku perokok dan tidak hanya mengenai kesehatan saja. Edukasi sangat penting sebagai dasar agar pelaku mengetahui mengepa hal tersebut menjadi dilarang.

2. Mendapati lingkungan baik

Selain dari dalam diri, faktor luar juga sangat berperan besar bahkan hampir sama besarnya dengan bagian dalam. Lingkungan dengan kondisi tepat dan mendukung, akan memberikan berbagai dorongan serta hal lain dalam mendukung seseorang agar tidak merokok. Untuk inilah mengapa lingkungan bebas asap rokok sangat dibutuhkan, agar memberikan setiap keuntungan gaya hidup seseorang.

3. Berikan contoh yang baik

Kebiasaan atau gaya hidup seorang anak juga bisa turun melalui kebiasaan dari orang tua sendiri termasuk dari jenis merokok. Untuk aspek satu ini, memang sebagai orang tua harus sangat perhatian dengan memberikan teladan dan berikan selalu kegiatan positif. Dengan melakukan kegiatan positif beragam dan baik, tentu anak bisa jauh dari masalah merokok yang berbaya.

Karena merokok sudah menjagi gaya hidup dan membuat miris karena menyerang anak remaja dan masih kecil. Ketika kebiasaan maupun pola gaya hidup tersebut terus berjalan sedari dini, maka ketika sudah dewasa akan sulit menghentikan atau mengurangi sekalipun. Untuk itu, cegah sedari lama merupakan jalan terbaik dalam membantu menghilangkan hal merokok.

  • Leave a Comment