Rekomendasi Desain Pembatas Ruangan Unik Minimalis

Untuk sebuah hunian dengan luas yang terbatas, khususnya di areal perumahan, memanfaatkan berbagai sudut semaksimal mungkin menjadi sebuah keharusan. Pembatas ruangan atau partisi menjadi salah satu unsur yang menentukan, di mana biasanya menggunakan dinding yang justru membuat rumah terasa penuh. Berikut alternatif penyekat ruangan selain dinding untuk rumah berkonsep minimalis.

Partisi Rak Tv

Partisi Balok Kayu Putar

Desain penyekat ruangan yang satu ini unik karena mirip dengan kerangka loker tetapi di bagian tengahnya tidak berisi wadah untuk menyimpan barang, melainkan kayu-kayu berbentuk segi empat mini yang ringan sehingga dapat dimainkan dengan diputar-putar ke arah berlawanan. Penyekat seperti ini cocok ditempatkan antara ruang tamu dengan ruang keluarga.

Partisi Bambu

Bambu tidak hanya dapat dijadikan sebagai material bangunan juga, namun dapat dipilih sebagai sekat ruangan yang memberikan sentuhan alam dan membuat tampilan rumah terasa asri. Apalagi jika susunan bambu dipadukan dengan batuan alam kecil yang membuatnya lebih cantik. Bisa digunakan untuk menjadi pembatas ruangan tengah dengan ruang makan atau dapur.

Partisi Kayu & Kaca

Jenis penyekat seperti ini akan tampak unik sekaligus cantik jika ditempatkan sebagai pembatas ruang tamu dengan ruang lain dalam rumah. Selain tidak menghabiskan tempat, penyekat ini pun multifungsi sebagai rak display meski tidak dapat menampung banyak barang. Jenis kayu yang digunakan lebih baik kayu jati dan kaca yang buram.

Partisi Rak Display

Bila penyekat sebelumnya hanya menampung sedikit barang pajangan, maka partisi rak display yang satu ini memang berfungsi untuk menampilkan banyak koleksi barang yang dimiliki pemilik rumah layaknya rak display pada umumnya. Tetapi ukuran penyekat ini lebih tebal dan lebar sehingga dapat menunjukkan batas antara dua ruangan yang dikehendaki pemilik.

Partisi Rak TV

Jenis penyekat ruangan seperti ini multifungsi, tidak hanya sebagai pembatas tetapi juga digunakan untuk tempat meletakkan perangkat home theater yang dimiliki. Tingginya memang mencapai langit-langit rumah dan sekilas mirip dengan dinding permanen tetapi dapat dibongkar pasang. Jenis penyekat ini dapat digunakan di ruang keluarga maupun di kamar tidur.

Sekat Kayu Silinder

Kayu memang alternatif partisi ruangan yang paling banyak digunakan untuk menggantikan dinding. Tidak heran bila terdapat banyak ragam partisi kayu, salah satunya sekat kayu yang membentuk silinder ini. Kayu-kayu dengan tinggi mencapai langit-langit dan berwarna cokelat muda diletakkan memutar agar dapat menjadi pembatas ruangan. Sederhana tetapi enak dilihat.

Sekat Lipat Ala Jepang

Pembatas ruangan lipat merupakan varian partisi yang paling murah dan berasal dari negara-negara Asia Timur, khususnya identik dengan Jepang. Terbuat dari triplek yang tipis tetapi tidak ringkih dan dikombinasikan dengan semacam kertas dinding tebal khas Jepang, penyekat ini sangat praktis karena cocok diletakkan di mana pun serta mudah untuk dipindahkan.

Sekat Rak Buku

Meski sekilas mirip dengan partisi rak display, untuk penyekat ruangan yang ini digunakan khusus untuk menyimpan buku-buku sehingga dapat pula berfungsi ganda sebagai perpustakaan di tengah ruangan. Lebih cocok ditempatkan antara ruang tamu dengan ruang keluarga.

Desain Penyekat Ruangan Alternatif Untuk Memaksimalkan Ruang

Pemanfaatan ruang secara maksimal memang lekat dengan konsep rumah minimalis. Untunglah dengan perkembangan desain interior saat ini, penyekat ruangan sebagai faktor penentu telah mengalami beragam inovasi sehingga kini terdapat beragam partisi yang dapat dipilih sesuai dengan selera pemilih rumah. Ditambah lagi sebagian besar penyekat tersebut juga memiliki fungsi ganda.

  • Leave a Comment